Thursday, April 4, 2019

Arti Moba, FPS, RPG, MMRPG dan Beberapa Aliran Game

Hey gaess, terima kasih sudah mengklik artikel ini. Yap, sesuai pada judul kali ini penulis selaku pengembang blog ingin membahas tentang aliran games (uda kaya musik aja ada aliran, wkwk). Karena pada dasarnya penulis juga adalah tipikal orang yang suka ngegame untuk menghilangkan bete jadi penulis tergerak hatinya untuk membuat artikel ini yang sekiranya bermanfaat untuk pembaca dalam mengisi waktu luangnya dan memiliki rasa penasaran terhadap beberapa aliran game. Seiring perkembangan zaman banyak sekali aliran-aliran game yang bermunculan, dan trend game pun sering bergantian, sebut saja super mario, angry birds, pokemon dan masih banyak lagi yang pernah jaya pada masanya. Tentu game-game itu punya alirannya dan bisa kita kategorikan. Nah untuk yang belum tahu beberapa aliran game, yuk simak penjelasannya di bawah.

1. Moba
MOBA merupakan akronim dari Multi Player Online Battle Arena, game genre ini merupakan game yang melibatkan banyak pemain (multiplayer) yang bertarung dalam medan pertempuran. Contoh game ini ialah game Dota 2, Mobile Legend: Bang-Bang, Arena of Valor dan masih banyak lagi.
sumber gambar : today.line.me


2. FPS
FPS merupakan singkatan dari First Person Shooter, adalah aliran game yang bertemakan perang menggunakan senjata jarak jauh (machine gun) dengan ciri utamanya ialah sudut pandang orang pertama dengan tampilan layar apa yang dilihat melalui mata karakter game yang dimainkan. Contoh game FPS ini ialah, Point Blank, Counter Strike, Call of Duty dan masih banyak lagi.
sumber gambar : gamepbinfo.blogspot.com


3. Battle Royale
Battle royal adalah genre game yang mulai trend dari awal tahun 2018. Game jenis ini adalah game bertemakan perang dengan terjun dari pesawat ke suatu pulau dan bertahan hidup dengan mencari beberapa senjata yang ada pada setiap rumah dan membunuh setiap lawan, pemain yang terakhir bisa bertahan hidup adalah pemenangnya. Contoh game ini adalah Free Fire, PUBG, Fortnite dan masih banyak lagi.
sumber gambar : extremetech.com

4. RPG
RPG merupakan singkatan dari Role Playing Game. Dalam game RPG kita memainkan satu tokoh yang telah kita pilih dan bertualang sembari mengikuti alur cerita tokoh. Contoh game ini ialah, Final Fantasy,God of War,  Resident Evil dan masih banyak lagi.

5. MMORPG
Massively Multiplayer Online Role Playing Game, merupakan aliran game yang hampir sama dengan game RPG, yaitu kita memainkan seorang tokoh, lalu kita menjalani serangkaian alur ceritanya, namun yang membedakan dengan RPG ialah disini kita bermain secara ramai-ramai dan online. Jadi misalnya disini kamu menggunakan warrior, orang lain ada yang menggunakan support dan lain semacamnya. Contoh game MMRPG ialah Dragon Nest (penulis mainin nih), Ragnarok online dsb.
sumber gambar : gameskinny.com


6. Strategy
Game strategy adalah game yang cukup banyak peminatnya, game yang cukup menguras otak ini adalah sebuah game yang menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam menyerang ataupun bertahan. Contoh game strategi, Clans of Clan (COC), Football Manager dll.
sumber gambar : rancahpost.com


7. Arcade
Game jenis ini diambil dari nama benda dengan nama yang sama yaitu arcade, yaitu mesin permainan yang dioperasikan dengan koin yang terdapat di tempat-tempat umum.
 Seiring perkembangan zaman istilah ini dipakai untuk salah satu game yang pemainnya bermain bebas tanpa ada ikatan cerita, pemain dituntut untuk bermain membuat skor atau memecahkan skor tertinggi atau bisa dikatakan game ini “just for fun”. Contoh game arcade ialah, Pinball, Pacman, Flappy Birds, Angry Bird, Tetris, Candy Crush dan masih banyak lagi.
sumber gambar : mentalfloss.com



8. Racing
Adalah game yang dimainkan dengan mengendalikan sebuah kendaraan untuk mencapai garis finish dan memenangkan perlombaan. Dalam game ini kita bisa memilih kendaraan serta pembalap idola kita. Contoh game balapan ini adalah, Need For Speed Series, Crash Team Racing, MotoGP, dan masih banyak lagi.
sumber gambar : coolROM.com


9. Puzzle
Game ini adalah game yang dimainkan dengan memecahkan teka-teki, menyusun balok menyocokan bola warna, kotak warna dan lain-lain. Salah satu contoh game puzzle ini ialah Zuma.

sumber gambar : zuma.id.softonic.com


10. Tycoon
Game tycoon ini adalah game yang menjadikan kita bussinesman atau raja yang mengembangkan suatu usaha dan dikembangkan hingga menjadi sukses. Contoh game ini adalah Rooler Coaster Tycoon, Zoo Tycoon, City Ville dan masih banyak lagi.
sumber gambar : gamevsgame.net


11. Sandbox Game
Adalah game yang dimainkan dengan seorang tokoh untuk menjelajahi kota atau tempat lain dan karakter yang kita gunakan dapat berinteraksi dengan karakter lain dalam game. Beberapa contoh game ini adalah, Grand Thef Auto (GTA), serta Bully.
sumber gambar : rockstagames.com

12. Musical
Adalah game yang cara mainnya menuntut pemain untuk menekan tombol yang tersedia dan menekannya sesuai aturan game diiringi dengan musik. Contoh game ini Guitar Hero, Ayo Dance, dan masih banyak lagi.
sumber gambar : baguscomputerbali.com

13. Sport
Adalah game yang memainkan berbagai cabang olahraga, seperti Winning Eleven, 8 pool, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan olah raga.

Oke gaes sekian artikel tentang beberapa aliran games ini penulis buat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, BTW game aliran apa yang kamu suka? Silahkan tinggalkan komentar di bawah, terimakasih dan jangan lupa istirahat jika ngegames hihi.


Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 comments:

 
biz.