Monday, April 1, 2019

Arti Feed, OP, Buff, Nerf, DPS, dan Beberapa Istilah di Dunia Game


Hay gaess, terima kasih telah mengklik artikel ini. Kali ini penulis selaku pengembang blog akan membahas beberapa istilah yang sering terdengar di dunia games khususnya game online. Penulis sebelumnya juga sudah pernah membahas beberapa istilah dalam dunia game pada artikel sebelumnya. Kali ini penulis menjelaskan beberapa istilah yang ada dalam game yang tidak sempat penulis jelaskan pada artikel sebelumnya. Tanpa banyak basa-basi lagi, untuk yang belum tahu dan penasaran baca terus sampai titik terakhir artikel ini ya.

1. Feed
Feed merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pemain yang bermain tidak serius, mati dengan sengaja, memberi tahu lawan tentang keberadaan teman setim. Ada juga istilah feeder, merupakan pelaku feed atau player yang melakukan feed.

2. OP
OP merupakan singkatan dari Over Power, maksudnya karakter sangat kuat dengan damage yang super diatas rata-rata karakter lain.

3. Buff
Penulis menyimpulkan bahwa buff merupakan sebuah efek positif yang dapat meningkatkan atau memperkuat status karakter pemain. Ada juga beberapa game yang membuat buffnya ialah sebuah ketahanan dari berbagai macam efek negatif. Penulis yang sebagai pemain game Dragon Nest merupakan player support damage yaitu Inquisitor. Karakter yang penulis gunakan merupakan karakter yang sangat diandalkan untuk tim karena banyak skillnya yang memiliki spesial buff seperti menambah defence, menambah attack dan efek positif lainnya.

4. Nerf
Nerf merupakan penyesuaian yang dilakukan pada sebuah game terhadap karakter dengan mengurangi sedikit statistik seperti damage, ketahanan ataupun beberapa kemampuan karakter yang dikira terlalu berlebih. Nerf dilakukan agar permainan adil serta membuat keseimbangan dalam game. Dengan adanya nerf tentu membuat hero atau karakter tak ada yang terlalu kuat. Nerf biasa dilakukan pada karakter-karakter yang terlalu OP.

5. DPS
DPS merupakan singkatan dari Damage Per Second atau serangan perdetik. Maksudnya serangan yang dibuat perdetik karakter. Jadi seberapa besar jumlah damage yang bisa dibuat karakter pada setiap detiknya.

6. Bug
Bug merupakan sebuah kesalahan atau cacat pada sebuah program yang menyebabkan error. Jadi kalau ada bug di dalam game, pastilah kita sebagai player merasa risih karena gamenya error. Terkadang bug itu ada yang menyenangkan player juga. Penulis pernah bermain game online Point Blank, dan pernah ada bug kita dapat mengcopy senjata sesama tim dalam satu pertandingan. Hal itu dilakukan ketika pertandingan dimulai, bukan dalam homepage game. Itu dulu ketika Point Blank masih di urus Gemscool. Terkadang bug juga menyebalkan, seperti tiba-tiba hero kita tersangkut dan terjebak pada tembok.

7. Bot
Merupakan penyebutan untuk pemograman secara otomatis atau robot. Jadi dalam game jika ada karakter bot artinya karakter yang dimainkan komputer secara otomatis bukan seorang player yang memainkannya. Biasanya bot bermainnya tidak baik, ia bermain hanya sebagai pelengkap saja tidak membantu tim sama sekali.

8. Carry
Carry artinya utama, jadi dalam game maksudnya menyebut hero utama. Hero carry biasanya adalah hero yang bisa menggendong sebuah tim untuk menang atau bisa dikatan hero andalan tim.

9. Core
Core artinya inti, hero core sama saja seperti hero carry yaitu hero andalan tim. Hanya katanya saja yang berbeda.

10. Nyampah
Ini bonus dari penulis hehe, nyampah adalah sebutan gamer Indonesia untuk menyebut pemain yang berhasil membunuh lawan namun dari hasil jerih payah teman satu timnya. Jadi ketika kamu susah payah berusaha membunuh lawan dengan melakukan berbagai serangan dan darah lawan tinggal sedikit lagi, tiba-tiba teman satu tim kamu datang hanya sekali serang saja dan membunuh lawan. Pasti ada beberapa player yang sedikit kesal jerih payahnya direbut oleh teman satu tim. Kamu pernah mengalaminya? Kalau penulis sering, hehe.

Sekian artikel kali ini semoga menambah wawasan dan untu yang belum tahu menjadi tahu sekarang. Untuk kamu yang masih gemar bermain game online jangan lupa untuk beristirahat, karena hal yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Sekian dari penulis, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

3 comments:

 
biz.