Monday, April 8, 2019

Arti Phobia, Parno/Paranoid, Jet Lag


Teman mu ada yang phobia terhadap sesuatu? Kamu tiba-tiba merasa parno? Rasanya itu seperti jet lag. Ada beberapa ungkapan yang menggambarkan rasa yang sedang kita rasakan. Mungkin beberapa ungkapanyang sudah tertulis pada kalimat pertama termasuk dalam salah satunya. Phobia, Parno, Jet lag mungkin ada yang masih belum tahu artinya? Di jaman seperti ini perkembangan bahasa semakin berkembang, banyak bahasa-bahasa yang menjadi trend, seperti Phobia, Parno, Jet lag tentunya. Untuk yang belum tahu arti dari ketiga istilah ini berikut penjelasannya yang sudah penulis rangkum.

1. Phobia
Phobia atau Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena (wikipedia). Bisa dikatakan phobia adalah ketakutan yang tidak wajar, seperti takut pada kecoa, takut pada ayam, bahkan penulis pernah melihat di TV ada artis yang phobia pada nasi kotak. Pada dasarnya orang yang memiliki phobia tidak bisa mengendalikan rasa takutnya, bertingkah aneh ada yang histeris, menangis, hingga pingsan.

2. Parno
Banyak anak muda yang bilang “Parno gue”, kata parno merupakan kata yang di ambil dari kata Paranoid. Paranoid adalah gangguan mental yang diderita seseorang yang meyakini bahwa seseorang atau suatu hal akan menyerangnya. Orang yang parno pada umumnya memiliki sifat curiga, serta cemas yang berlebihan. Jadi bisa dibedakan jika Phobia memiliki rasa takut yang berlebih sedangkan Parno adalah rasa gelisah yang berlebihan.

3. Jet Lag
Jet lag atau jika dalam bahasa indonesia mabuk pascaterbang adalah suatu kondisi yang biasanya dirasakan orang yang kerap berpergian jauh keluar negeri dengan naik pesawat. Jet lag merupakan mabuk atau terlalu capek dengan kondisi ling-lung atau bingung yang dirasakan seseorang karena tubuh yang belum beradaptasi karena perjalanan jauh dari timur ke barat atau sebaliknya yang melintasi beberapa zona waktu. Berdasarkan referensi yang sudah penulis baca bahwa dunia ini dibagi 24 jam dengan zona waktu yang berbeda-beda. Ritme alami tubuh kita juga menyesuaikan waktu sehari 24 jam, dan ritme ini bisa terganggu setelah melintasi zona waktu yang berbeda. Nah dengan kondisi tubuh yang kelelahan yang belum beradaptasi dengan zona waktu yang baru inilah yang disebut jet lag. Untuk mengatasi jet lag adalah dengan makan, istirahat serta beraktivitas dengan zona waktu yang baru agar tubuh menyesuaikan diri pada zona waktu yang baru.


Jadi untuk kamu apa pernah merasakan ketiga perasaan yang sudah penulis jelaskan? Hehe sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan teruslah jadi wondering poeple (orang yang penasaran) terima kasih sudah berkunjung.

Referensi :
wikipedia
www.honestdocs.id

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.