Wednesday, July 3, 2019

Arti Ketuplak, Sekum, Bendum, Korlap, SC, OC, dan Ceki


Terima kasih sudah mengklik artikel ini. Oke, untuk kamu yang sering atau sudah biasa mengadakan acara pasti tahu dong apa itu ketuplak, sekum dan lain sebagainya. Tapi untuk yang baru ikut dalam pembuatan acara, tentu istilah ini sedikit asing. Harap dimaklumi jika tidak tahu karena baru berkecimpung dalam panitia acara. Penulis sudah menyiapkan beberapa penjelasan yang penulis rasa dapat membantu untuk pemula dan yang belum mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan beberapa orang dalam pembuatan suatu acara. Berikut penjelasannnya.

1. Ketuplak
Ketuplak merupakan akronim dari Ketua Pelaksana. Memang terkesan lucu penyebutannya untuk posisi yang inti ini. Ketua pelaksana dalam suatu kegiatan merupakan pemimpin dari semua seksi panitia, ketuplak yang memantau, mengoordinir, mengarahkan, membuat konsep , membagi tugas, serta yang bertanggung jawab dengan tugas-tugas semua seksi panitia.

2. Sekum
Sama seperti ketuplak ini merupakan sebuah akronim, sekum adalam gabungan dari kata Sekretaris Umum. Sekretaris umum yang bertugas untuk mendampingi kegiatan ketua, mencatat segala keputsan ketua yang disepakati dari hasil musyawarah, serta mengurusi surat menyurat.

3. Bendum
Bendum merupakan akronim bendahara umum. Bendum atau bendahara merupakan jabatan yang bertugas menampung atau menyimpan uang yang dibutuhkan, mencatat keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran kegiatan serta yang bertanggung jawab terhadap keuangan yang dia pegang.

4. Korlap
Korlap merupakan penyebutan lain dari Koordinator Lapangan. Korlap merupakan koordinator yang bertugas melakukan pengawasan, meneliti serta memberi pengarahan tempat-tempat yang dijadikan acara. Korlap berkoordinasi dengan koordinator lain untuk menunjukan serta memberi arahan area mana yang harus dijadikan panggung tempat duduk dan lainnya. korlap lah yang memberi pengarahan soal tempat acara.

5. SC
SC merupakan singkatan dari Steering Committee, yaitu suatu sebutan untuk kepanitiaan yang bertugas sebagai pengarah, penasihat serta pengawas dalam sebuah kegiatan. SC dalam acara biasanya diisi oleh orang yang memiliki keahlian lebih dalam mengkonsep dalam acara serta memiliki jiwa pemimpin yang penuh tanggung jawab. Ketuplak bisa juga dikatakan sebagai SC.

6. OC
OC merupakan singkatan dari Organizing Committee, yaitu suatu unit kepanitiaan yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan. Bisa dikatakan OC merupakan panitia pelaksana, yaitu panitia yang melaksanakan arahan dan rancangan yang telah di buat SC.

7. Ceki
Ceki dengan penulisan CQ adalah sebah singkatan dari bahasa latin , yakni “Casu Quo” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti lebih spesifik lagi atau lebih detail.
Contoh penggunaan Cq dalam surat:
Kepada Yth Manajer SDM Bank Mandiri Cq. Kepala Cabang Mandiri KCP Tiniwardani di Tempat.
Cq merupakan sebuah singkatan yang ada pada surat resmi menyangkut sebuah jajaran lembaga tertentu yang memiliki beberapa divisi di dalam pelaksanaannya.

Sekian artikel kali ini, penulis sadari artikel ini dibuat tidak begitu detail, tak semua struktur kepanitiaan penulis sebutkan maupun jelaskan. Hal ini karena penulis hanya berniat menjelaskan gambaran umum terkait istilah yang dalam kepanitiaan acara yang dirasa tidak umum, yaitu jika disebut banyak yang tidak mengetahui artinya. Jadi penulis hanya menjelaskan gambaran umumnya saja dan tidak begitu detail. Mohon maaf bila ada kesalahan, dan jangan lupa untuk terus menambah wawasan gaess.


Referensi :
Sayfiancd.blogspot.com
www.pengertianmenurutparaahli.net


Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.