Monday, April 1, 2019

Arti May day dan Mayday Beda Penulisan Beda Arti


Bulan Mei adalah bulan kelima dalam satu tahun. Dan di bulan Mei terdapat hari yang sering dirayakan oleh buruh, yaitu Hari Buruh Internasional atau biasa disebut May day. Tahukah kamu ternyata May day juga merupakan sebuah kata yang sering dikatakan para pilot ketika dalam posisi darurat loh, bisa dikatakan may day merupakan sebuah kode. Lalu apa yang membedakan arti kata may day ini dalam penggunaannya? Berikut penjelasannya.

a. May day
May day ditulis dengan menggunakan spasi (jarak), merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut hari buruh yang dirayakan pada 1 Mei. Setiap tanggal 1 Mei merupakan hari buruh internasional yang biasanya dirayakan dengan berunjuk rasa. Di beberapa negara termasuk negara kita Indonesia, pada tanggal ini biasanya tanggal merah atau jadi hari libur.

b. Mayday
Mayday yang ditulis tanpa spasi merupakan suatu pesan tanda bahaya yang digunakan untuk menggambarkan situasi yang sangat bahaya. Bisa diartikan mayday ini memiliki arti “darurat”. Berdasarkan wikipedia, mayday berasal dari bahasa Perancis “m’aidez” yang berarti “tolong aku”. Mayday dipakai oleh banyak satuan seperti polisi, pilot, pemadam kebakaran, dan beberapa organisasi transportasi untuk memberitahu keadaan darurat. Mayday selalu diucapkan tiga kali “mayday, mayday, mayday” untuk menghindari salah dengar penerima pesan dalam keadaan berisik radio, karena biasanya ada banyak suara gemuruh seperti angin atau efek lainnya yang membuat suara sedikit kurang jelas. Oleh sebab itu penyebutan mayday selalu tiga kali. Mayday juga telah ditetapkan sebagai standar internasional sebagai sinyal tanda bahaya dalam komunikasi radio. Penulis pernah menyaksikan film tapi lupa judulnya apa, di dalam film yang penulis tonton terdapat adegan yang menampilkan pesawat yang akan jatuh dan pilot berkata mayday sebanyak tiga kali. Jadi bisa disimpulkan bahwa mayday adalah pesan radio yang sangat tidak diharapkan ya kedengarannya, karena jika ada terdapat pesan radio mayday pasti dalam situasi yang bahaya dan mengerikan jika terjadi.

Cukup mudah untuk membedakan kedua kata ini. Jadi jangan sampai salah tafsir yaa, terutama dalam penulisannya, kita yang sudah tahu dan mengerti jangan sungkan untuk menegur dan memberi masukan yang benar untuk rekan yang belum tahu. Sekian dari penulis dan semoga bermanfaat.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.