Monday, April 8, 2019

Arti Opera Sabun atau Soap Opera


Opera sabun mungkin suatu hal yang agak asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun ada banyak juga masyarakat yang sudah sering mendengar istilah ini. Termasuk penulis sudah sering mendengar istilah ini dari film-film barat dan beberapa film animasinya, kadang juga penulis membaca transletan di film yang jika dalam bahasa inggrisnya disebut Soap Opera. Walaupun sudah sering mendengar ataupun membacanya nyatanya ada banyak dari kita yang tidak tahu arti sebenarnya opera sabun.

Lalu apa sih opera sabun itu?
Berdasarkan beberapa referensi yang penulis telusuri, penulis menarik simpulan opera sabun merupakan jalan cerita per-episode bersifat fiksi yang ditayangkan di poster maupun televisi yang jalan ceritanya bersambung ke episode berikutnya. Jika di Indonesia Soap Opera disebut Sinetron, nah mungkin ini yang menyebabkan banyak yang tidak mengenal Soap Opera atau Opera sabun, karena sungguh berbeda penyebutannya di Indonesia dan di barat, dan jika di Spanyol istilah ini dikenal Telenovela.

Nama opera sabun (soap opera) diambil dari iklan bersambung yang sering ditayangkan oleh perusahaan-perusahaan sabun terkemuka di Inggris di era 30-an. Tren iklan bersambung kemudian meluas menjadi film bersambung banyak produser film untuk membuat film bersambung. Opera sabun pertama yang dibuat adalah sebuah iklan sabun super suds yang dibuat dalam bentuk poster. Tak disangka minat masyarakat terhadap opera sabun sangat besar, banyak masyarakat yang selalu menunggu kelanjutan jalan cerita yang ditayangkan setiap harinya. Sampai sekarang istilah Soap Opera digunakan untuk film-film bersambung di beberapa negara.

Sumber referensi : sekedar-tahu.blogspot.com
                                     Wikipedia

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 comments:

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif : dewa-lotto.name

    ReplyDelete

 
biz.