Wednesday, April 3, 2019

Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi

Sumber gambar : Kompasiana.com

Menuju penididikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian bagi semua siswa. Terlebih untuk anak SMA yang sudah menginjak kelas 12 yang berarti tingkat akhir dan bingung harus melanjutkan ke perguruan tinggi yang mana sesuai minatnya. Perguruan tinggi di Indonesia terdapat beberapa bentuk yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Untuk kamu yang masih bingung setelah lulus SMA ingin kuliah dimana hendaknya  kenali dulu jenis perguruan tinggi di indonesia, hal ini agar dapat mengetahui perguruan tinggi mana yang menyediakan jurusan dengan minat yang dimiliki. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai jenis-jenis perguruan tinggi di Indonesia, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian pendidikan akademik dan vokasi. Hal ini agar pembaca paham dengan kedua istilah yang masih bersangkutan dengan penjelasan dari jenis perguruan tinggi.

-Pendidikan Akademik, adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah kepada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi , dan seni tertentu. Untuk lebih mudahnya pendidikan jenis ini adalah pendidikan yang berfokus pada penguasaan ilmu dan pengetahuan.

-Pendidikan Vokasi, adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah kepada penguasaan keahlian terapan. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa pendidikan vokasi adalah pendidikan berfokus pada keahlian atau keterampilan.

Setelah paham dengan kedua jenis pendidikan di atas, yuk lanjut ke jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

1. Universitas
Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan berbagai bidang, bisa dikatakan universitas adalah perguruan tinggi dengan pilihan pendidikan paling banyak dan luas diantara beberapa jenis perguruan tinggi lainnya di Indonesia.universitas terbagi dari beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan juga pendidikan vokasi. Universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana (S1,S2,S3).

2. Institut
Institut merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi dengan sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Jika kita simak baik-baik pengertian institut sama dengan universitas, lalu apakah yang membedakannya? Perbedaanya ialah fakultas dari institut hanya berasal dari satu jenis keilmuan saja, jika universitas fakultasnya berasal dari berbagai jenis keilmuan. Contohnya Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya berfokus pada ilmu alam, jadi fakultas-fakultas di ITB hanya berkaitan dengan ilmu alam seperti ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu kimia dan berbagai ilmu alam lainnya.

3. Sekolah Tinggi
Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang hanya melaksanakan pendidikan akademi dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknolog dan seni. Sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas yang terdiri dari berbagai jurusan. Seperti STKIP (Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) hanya menyediakan jurusanjurusan pendidikan dan keguruan seperti, pendidikan ekonomi, pendidikan matematika, dan berbagai ilmu pendidikan lainnya.

4. Politeknik
Politeknik adalah perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dari beberapa bidang ilmu. Politeknik adalah perguruan tinggi yang berfokus pada keterampilan untuk menciptakan tenaga profesional yang kelak dapat terjun di dunia kerja dengan keterampilan yang diambilnya. Politeknik memiliki gelar pendidikan D-III ddan D-IV atau bisa juga disebut dnegan sarjana terapan.

5. Akademi
Akademi merupakan perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi.  Jika dilihat dari pengertiannya, akademi sama dengan politeknik. Yang membedakan akademi dengan politeknik ialah akademi hanya menyelenggarakan pendidikan satu cabang ilmu saja. Akademi juga berorientasi pada penghasil tenaga profesional ketika selesai mengenyam pendidikan yang telah ditempuh. Contohnya AKBID (Akademi Kebidanan) merupakan perguruan tinggi yang mencetak bidan-bidan profesional dan berkualitas yang siap terjun di masyarakat.

Bagaimana? Sudah tahu berbagai jenis perguruan tinggi di Indonesia kan. Jadi untuk kamu yang masih bingung menentukan mau melanjutkan pendidikan kemana setelah lulus sekolah, mungkin ini bisa dijadikan bahan rujukan untuk menentukan perguruan tinggi dengan minat yang dimiliki. Tetap semangat menggapai masa depan melalui perguruan tinggi. Semoga sukses dan sekian artikel kali ini.


Referensi :
Wikipedia
KBBI
Blog.ruangguru.com
www.youthmanual.com

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.