Monday, April 1, 2019

Arti Manifesto dan Manifestasi


Heyy gaess, terima kasih telah mengklik artikel ini. Seperti pada judul, kali ini penulis tertarik untuk membahas arti kata manifesto dan manifestasi. Mungkin kedua istilah ini jarang terdengar atau jarang digunakan orang dalam bahasa setiap harinya. Akan tetapi walaupun jarang digunakan tentu penting untuk kita ketahui. Karena jika suatu saat kata ini muncul dan terdengar di telinga kita tentu kita akan mengetahuinya. Paling tidak kita tahu, orang lain tidak tahu dan kita orang yang lebih dulu tahu dari yang lain. Tanpa banyak basa-basi, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Manifesto
Berdasarkan KBBI, manifesto adalah pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan seseorang atau suatu kelompok. Jadi manifesto ini merupakan suatu pandangan tersendiri terkait suatu hal yang dibuat oleh individu atau kelompok, biasanya ditulis dan dipublikasikan ke khalayak umum. Manifesto biasanya disertai gerakan atau tindakan dari si pembuat manifesto, penulis berpendapat tujuan adanya tindakan adalah salah satu upaya untuk meyakinkan masyarakat manifesto yang dibuat.

2. Manifestasi
Berdasarkan KBBI, Manifestasi adalah perwujudan sebagai suatu pernyataan perasaan atau pendapat; perwujudan atau bentuk dari sesuatu yang tidak kelihatan. Dari pengertian KBBI dapat kita tarik simpulan bahwa manifestasi merupakan usaha untuk mewujudkan ide atau pendapat yang dengan memikirkan atau menyusun suatu konsep dan rencana untuk mewujudkan ide. Bisa dikatakan manifestasi ini abstrak atau tidak terlihat karena tiap orang memiliki rencana tersendiri yang tersimpan dalam otak dan dilaksanakan dengan tindakan.

Sekian pembahasan kali ini, jadi dapat dilihat ternyata manifesto dan manifestasi ternyata berbeda arti dan juga penggunaanya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk pembaca.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.