Tuesday, April 30, 2019

Arti Baper, Mager, Gabut, Julid


“Duh lagi mager nih”, “ahh lu mah baperan”. Mungkin pernah atau sering kan kamu mendengar teman mu berkata seperti itu? Seiring perkembangan zaman bahasa di Indonesia semakin bertambah, dan kata-kata gaul pun bertambah juga. Pada umumnya kata gaul digunakan oleh kaum muda atau remaja, dan beberapa dari anak muda terkadang ada yang masih belum tahu dengan bahasa yang digunakan beberapa remaja lain. Seperti yang disebutkan pada judul, yaitu kata mager, baper, gabut dan julid ternyata masih ada yang belum tahu. Jadi untuk kamu yang belum tahu, yuk baca sampai titik terakhir pembahasan artikel ini.

1. Baper
Baper artinya bawa perasaan. Maksudnya hal-hal yang biasa tapi dianggap serius, misalnya teman mu bercanda kamu anggap serius itu dinamakan baper. Bisa juga baper seperti cowok yang memegang tangan cewek dengan perasaan biasa saja, namun si cewek menganggapnya serius, nah itu juga bisa dikatakan baper.

2. Mager
Istilah ini kerap sekali digunakan oleh kalangan anak muda, terlebih lagi untuk anak kuliah semester akhir yang seharusnya menyusun skripsi. Mager merupakan akronim dari Males Gerak, yang menandakan bahwa orang yang sedang malas beraktifitas dan yang hanya diinginkan adalah tidur atau bergeletak saja. Kebanyakan remaja yang mager bersantai tiduran sambil memainkan gadget. Haduu ada-ada aja ya.

3. Gabut
Kepanjangan gabut adalah gaji buta. Kata gaji buta ini merujuk pada suatu pekerjaan yang tidak dikerjakan namun digaji. Tapi arti gabut ini bukanlah gaji buta yang sesungguhnya, melainkan gabut disini merupakan tidak ada kerjaan.

4. Julid
Julid merupakan kata yang berasal dari kata binjulid, bahasa sunda. Arti binjulid menurut KBBI adalah iri hati atau dengki. Karena kata ini sering digunakan di sosial media, arti julid sendiri diartikan orang yang mengomentari orang terlalu pedas, atau ngomongin orang.

Nah untuk kamu yang sering menggunakan istilah ini harus dilihat situasi dalam berbicara ya. Jika berbicara dengan teman sebaya atau teman tongkrongan tidak apa-apa. Namun, jika katu menggunakan kata ini saat berbicara dengan orang tua tentu tidak sopan. Misalnya ketika orang tua meminta tolong dan menyuruh, janganlah menjawabnya dengan “nantilah, mager” tentu ini tidak baik dan tidak sopan. Oleh sebab itu, gunakan kata-kata di atas dengan bijak ya.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 comments:

 
biz.