Monday, April 8, 2019

Arti Kopdar, Hangout, Kongkow, Meetup, dan Nongki


Berkumpul merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang yang saling mengenal. Berkumpul bisa dengan teman sejawat, teman lama, teman semasa pendidikan, ataupun keluarga. Seiring berjalannya waktu perkembangan bahasa semakin pesat, dan bahasa-bahasa untuk menyebut ngumpul semakin banyak. Sangking banyaknya, kata yang digunakan saling bermunculan sampai beberapa orang bingung dan tidak tahu beberapa bahasa yang kerap digunakan untuk mengajak berkumpul. Jadi apa saja istilah-istilah kekinian untuk menyebut berkumpul? Berikut sudah penulis siapkan untuk kalian baca, simak yaa.

1.Kopdar
Kopdar merupakan akronim dari kopi darat, artinya mengacu pada pertemuan antar sesama pengguna sesuatu. Kopdar sering digunakan oleh anak-anak motor, yapp kopdar dalam klub motor berarti pertemuan antar klub yang sama-sama anak motor. Berdasarkan wikipedia, istilah kopdar populer pada tahun 80-an sampai akhir 90-an diantara kalangan pengguna radio amatir, karena pengguna radio amatir terbiasa berkomunikasi di udara dan hal ini ditindak lanjuti dengan pertemuan. Pengguna radio amatir menggunakan walkie talkie untuk berkomunikasi. Terdapat beberapa panggilan seperti kata “break...break” dan orang yang menjawab dengan bilang “masuk”. Karena percakapan harus bergantian maka harus bilang “over” yang artinya “ganti” dan lawan bicara menjawab “copy” yang artinya oke, atau mengerti. Kata copy juga berarti “ketemu” dan “akur/cocok”. Dari situlah pertemuan disebut copy, dan darat merujuk pada pertemuan di daratan bukan di udara (radio yang biasa dilakukan). Seiring perkembangan zaman istilah ini digunakan untuk menggambarkan berkumpul untuk para sesama individu yang memiliki kegemaran yang sama.

2. Hangout
Hangout merupakan istilah yang memiliki arti menghabiskan waktu luang dengan berjalan-jalan di tempat kesukaan dengan teman ataupun sahabat. Biasanya istilah ini sering digunakan oleh kalangan remaja perempuan yang hobi menghabiskan waktu luang dengan bersama teman dekat ataupun sahabatnya.

3. Kongkow
Kongkow berasal dari kata kongko yang artinya bercakap-cakap yang tidak ada artinya, atau bisa dikatakan obrolan kosong ketika kumpul dengan teman. Istilah ini saat ini jarang digunakan oleh kalangan anak muda, namun keberadaannya tentu masih dianggap ada.

4. Meetup
Meetup merupakan kata yang sering digunakan untuk kalangan anak muda sekarang ini. Meetup artinya bertemu, jadi kalau ada yang bilang “akhirnya meetup juga” maksudnya ialah “akhirnya bisa bertemu juga”.

5. Nongki
Nongki merupakan kata plesetan dari nongkrong. Nongkrong disini bukan berarti duduk ngejogrok hehe,akan tetapi nongkrong dalam artian berkumpul disuatu tempat misalnya di warung kopi sembari mengobrol emnghabiskan waktu luang.

Sekian artikel kali ini, jadi kata mana nih yang sering kamu gunakan untuk megajak teman mu kumpul? Oke, jika ada kekurangan mohon tinggalkan pesan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi : Wikipedia

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 comments:

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif : dewa-lotto.name

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada yg mao bngst, modal 20rb yg ada sia2 tuh duit buat nyogok laki mata uang kek lo

      Delete

 
biz.