Thursday, July 9, 2020

Nama-Nama Barang Yang Disebut Nama Mereknya Part 1

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkutat dengan yang namanya membeli. Kita kerap membeli barang ataupun bahan pokok untuk mempermudah suatu kegiatan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun sadarkah kita ternyata kita saat membeli barang ternyata kita menyebut barang yang kita beli adalah nama mereknya bukanlah nama barangnya. Fenomena seperti ini sepertinya sudah biasa di kalangan masyarakat Indonesia. Penulis telah merangkum beberapa nama barang yang ternyata adalah nama mereknya bukan nama asli barangnya. Penulis membuat part 1 dan part 2 dengan alasan jika penulis terlalu banyak menuliskan nama barangnya, sudah pasti pembaca tidak membaca secara menyeluruh artikel karena hanya membaca nama-nama barangnya saja, jadi bisa dikatakan mubazir penulis menuliskan banyaknya kata namun tidak dibaca. Untuk itu penulis membagi artikel ini menjadi part 1 dan part 2 untuk menghindari membaca dengan melompati bacaan dan bosannya pembaca karena terlalu banyak ulasan barang yang dituliskan. Nah, berikut beberapa nama barang yang penyebutannya ternyata nama mereknya di masyarakat Indonesia part 1.

1.Aqua
sumber: m.industry.co.id

Apapun mereknya, orang biasanya menyebut air mineral dengan merek Aqua. Hal ini boleh dikatakan Aqua merupakan merek air mineral kemasan yang paling terkenal di Indonesia. Tidak heran deh jika tiap orang jika membeli air mineral kemasan pasti yang dibeli aqua padahal yang dibeli merek lain.

2. Handsaplast
sumber: monotaro.id

Plester luka adalah nama barang ini, namun masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan merek Handsaplast. Hal ini dikarenakan dulu Handsaplast merupakan plester luka yang iklannya sering muncul di televisi masyarakat umum. Karena sering munculnya Handsaplast sebagai plester luka, jadi kebanyakan orang untuk menyebut plester luka dengan merek Handsaplast.

3. Odol
sumber; tokopedia.com

Jika ingin sikat gigi kita pasti menggunakan odol. Odol merupakan sebuah merek dagang loh, mungkin kebanyakan dari kita tidak menyadari. Aslinya nama barang ini adalah pasta gigi, namun orang Indonesia menyebutnya odol. Maklum saja odol merupakan merek pasta gigi asal Jerman yang ada dan dijual di Indonesia dari jaman penjajahan belanda. Oleh sebab itu nenek buyut kita terus mewarisi nama odol untuk menyebut sebuah pasta gigi.

4. Chiki
sumber: indonesian.alibaba.com

Chiki merupakan merek sebuah makanan ringan loh. Chiki merupakan merek makanan ringan yang ada sudah lama dari penulis belum lahir bahkan. Chiki yang memiliki chiri khas kemasannya bergambar bebek ini sangat terkenal di indonesia. Chiki merupakan makanan ringan yang lezat dan melekat di ingatan anak-anak. Karena sudah melekatnya nama chki di tiap anak-anak seluruh produk makanan ringan selalu disebut chiki. Nah, saat ini anakkecil kebanyakan membeli chiki bukan membeli makanan ringan, hehe uniknya.

5. Celana Lepis
sumber: zalora.co.id

Selanjutnya ada celana lepis, yaitu penyebutan jenis celana berbahan denim. Banyak orang di Indonesia lebih sering menyebutnya celana lepis yang merujuk pada satu merk celana denim yaitu Levis. Maklum merek Levis merupakan merek yang sangat mendunia. Sangking populernya merek ini sampai tempat menjahit celana jeans ini sering disebut Vermak Levis.

6. Paralon
sumber: trimitrabentalareksa.co.id

Nah, yang berikutnya yaitu paralon. Ternyata paralon ini merupakan nama merek juga loh. Paralon penyebutannya berasal dari merek Pralon, yaitu suatu merek pipa air plastik. Pralon boleh dikatakan pelopor pipa air, oleh sebab itu di masyarakat untuk menyebut pipa air selalu menyebutnya dengan sebutan paralon.

7. Sendal Eiger
sumber: m.bukalapak.com

Pernah dengar teman mu menyebut sendal eiger? Itu adalah nama sebuahmerek yaitu eiger. Padahal barang disebut merupakan sandal gunung. Maklum saja yang disebut sendal eiger, karena eiger adalah suatu merk yang menyediakan segala barang berkaitan dengan adventure (petualang di hutan/naik gunung).

8. Motor Vespa
sumber : id.priceprice.com

Selanjutnya pelopor motor skuter yaitu vespa. Tahukah anda bahwa ternyata adalagi saingan vespa yaitu pioget,walau berbeda merek tetap saja orang menyebutnya motor vespa. Vespa artinya tawoon hal ini tentu merujuk pada desain vespa yang menyerupai tawoon yang dibagian belakangnya membesar. Yah, motor vespa sangatlah terkenal di Indonesia, tapi ingat motor ini adalah jenis motor skuter, namun orang indonesia lebih menyebutnya motor vespa.

9. Autan
sumber: autan.id

Lotion anti nyamuk adalah salah barang yang bisa dikatakan sering digunakan masyarakat ntuk mengatasi nyamuk yang mengganggu. Dengan menggunakan lotion ini kulit tidak akan dihinggap oleh nyamuk. Akan tetapi kebanyakan orang ternyata menyebut lotion ini dengan nama Autan, yang padahal Autan merupakan merek barangnya bukan nama barangnya. Autan sangat populer di masyarakat untuk mengatasi gigitan nyamuk, wajar saja jika kebanyakan menyebutnya mereknya ketimbang nama barangnya.

10. Baygon
sumber: shopee.co.id

Selanjutnya ada baygon. Baygon merupakan sebuah merek obat nyambuk cair/semprot. Tak heran sih jika merek ini terkenal dan sering menyebut obat nyamuk cair dengan nama baygon ini, karena baygon ketika penulis masih kecil sangat sering muncul iklan obat nyamuk semprot ini. Bahkan dahulu suka bercanda dengan mengatakan, “coba aja lu minum baygon, mati gak?” aduh-aduh itu hanya candaan orang kampung penulis saja. Jangan ditiru yaa karena obat nyamuk cair/semprot atau baygon itu beracun jika dikonsumsi manusia.


Oke itulah beberapa nama barang yang sering disebut nama mereknya. Tentu hal ini terpengaruh karena popularitas dari merek dagangnya. Oh ia, patut diingat ini merupakan artikal bagian pertama, penulis sengaja membaginya menjadi part 1 dan part 2 atau bagian 1 dan bagian2. Karena barang yang sering disebutkan nama mereknya ketimbang nama barangnya ternyata banyak, dan penulis berinisiatif untuk membaginya agar pembaca tidak terlalu panjang membaca artikel ini dan pembaca bisa memiliki jeda untuk menyimak pembahasan ini. Oke jika masih penasaran silahkan untuk membaca artikel nama barang disebut dengan merek part 2 yaa di blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.