Saturday, July 4, 2020

Beda Arti Prabayar Dan Pascabayar


Membayar adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan hampir semua orang di setiap harinya. Ingin membeli tentu harus bayar, ingin menikmati suatu jasa tentu harus bayar. Nah, kali ini penulis akan membahas dua istilah terkait dengan jenis pembayaran. Yaps, seperti yang sudah disebutkan pada judul terdapat istilah prabayar dan pascabayar. Untuk itu yuk simak sampai titik terakhir penjelasannya.

1. Prabayar
Prabayar bisa dilihat dari awalan pra yang memiliki arti sebelum. Jadi arti prabayar adalah suatu tindakan pembayaran yang dilakukan sebelum kita menikmati layanan yang akan kita nikmati atau kita bayar terlebih dahulu baru kita mendapat barang yang kita mau. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kegiatan yang tidak kita sadari merupakan sebuah tindakan prabayar. Sebagai contoh, jika kita ingin masuk kuliah atau sekolah, pasti kita harus membayarnya terlebih dahulu biaya administrasi, gedung, dan lain-lain baru kita bisa sekolah atau kuliah. Sebenarnya masih banyak lagi untuk prabayar. Misalnya dalam membeli paket layanan internet pada smartphone, pasti kita harus membayarnya terlebih dahulu dengan pulsa yang kita miliki baru kita dapat menikmati layanan internetnya.

2. Pascabayar
Jika prabayar adalah sebelum, untuk pascabayar kebalikannya yaitu sesudah menikmati layanan  baru bayar. Maksud pernyataan itu adalah kita menikmati layanannya terlebih dahulu baru kita bayar, diambil dari kata pasca- yang artinya sesudah. Banyak sekali contoh yang ada di lingkungan kita dalam kegiatan pascabayar ini. Contohnya kita makan di warung makan, pasti kita memesan terlebih dahulu makanannya dan sudah habis makan kita langsung menanyakan berapakah yang sudah dihabiskan dan harus dibayar. Contoh lain pascabayar adalah ketika kita naik angkutan umum atau transportasi umum, kita akan naik terlebih dahulu dan diantarkan sampai tempat tujuan kita, setelah sampai baru kita membayar jasa antarnya. Masih banyak lagi beberapa kegiatan pascabayar yang kita lakukan.

Itulah kedua penjelasan yang penulis sederhanakan agar pembaca mudah mengerti. Mudah-mudahan penjelasan ini ada manfaatnya dan untuk kamu silahkan tebak kegiatan lain apa saja yang sering dilakukan dan itu termasuk jenis transaksi yang prabayar atau pascabayar. Silahkan isi di kolom komentar yaa gaess.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.