Saturday, July 4, 2020

Arti Pandemi, Wabah, Menjamur, Menggurita

Terima kasih sudah mengklik artikel ini. Saat ini dunia sedang benar-benar dikatakan dalam keadaan darurat. Yapp, penulis mengatakan darurat karena tahun 2020 menjadi tahun bencana yaitu menyebarnya sebuah virus yang disebut corona virus atau Covid-19. Virus ini menyebar begitu cepat dan pesat di seluruh dunia. Virus berbahaya ini menyerang pernapasan dan kekebalan tubuh, setiap harinya korban yang terjangkit terus bertambah. Karena hal ini beberapa negarapun menetapkan lockdown yaitu gerakan tetap di rumah. Karena lockdown sekolah diliburkan, beberapa tempat hiburan ditutup untuk sementara, tempat ibadah ditutup sementara juga, banyak perusahaan yang memangkas karyawan sehingga terjadi PHK masal, perekonomian menurun, dan masih banyak lagi akibat yang terjadi karena wabah virus ini. Akan tetapi penulis tidak membahas dampak virus covid-19 ini pada artikel ini, melainkan membahas beberapa istilah yang sering muncul karena kemunculan virus ini. Beberapa istilah yang sering muncul yaitu pandemi, wabah, menjamur, dan juga menggurita, berikut pembahasannya langsung tanpa basa-basi lagi.

1. Pandemi
Berdasarkan KBBI, pandemi memiliki arti wabah yang berjangkit serempak dimana-mana, meliputi daerah geografis yang luas. Dari penjelasan KBBI tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa istilah ini digunakan untuk menyebut suatu wabah yang terjadi dimana-mana dengan tingkat daerah yang sangat luas, dan istilah ini digunakan saat covid-19 menyebar sangat tepat karena kasus terjangkitnya covid-19 dimana-mana bahkan hampir seluruh dunia.

2. Wabah
Wabah memiliki arti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar di daerah yang luas. Jadi untuk wabah dikatakan luas penyebaran sebuah penyakit, namun tingkat keluasannya tidak seluas pandemi. Misalnya sebuah provinsi terserang virus flu burung yang menyerang unggas-unggas warga, itu dikatakan wabah karena hanya menyerang satu daerah saja. Bisa dibaca sekali lagi pada poin pertama (pandemi) ada kata wabah yang terjadi dimana mana, berarti sudah sangat luas sekali untuk kata pandemi. Akan tetap jika wabah luas tapi tidak seluas pandemi.

3. Menjamur
Untuk point ketiga ini adalah menjamur. Istilah ini sebetulnya adalah sebuah kiasan. Penulis sengaja memasukannya karena sebenarnya istilah ini hampir mirip penggunaannya seperti pandemi atau wabah. Menjamur merupakan sebuah istilah yang memiliki arti tumbuh subur dan banyak, yaitu menggambarkan suatu hal yang menyebar begitu banyak diseluruh tempat seperti jamur. Yang tumbuh menyebar misalnya tren ataupun yang lainnya. contoh penggunaan katanya ialah, “tren bersepeda menjamur di seluruh penjuru negeri ini.”

4. Menggurita
Menggurita ini merupakan sebuah kiasan yang artinya menyebarnya suatu hal dengan luas dan sangat kuat tertanam. Ini menggambarkan gurita yang menyebarkan tentakelnya dan melilit dengan kuat. Biasanya menggurita menyebutkan suatu hal yang banyak orang lain lakukan dan hal yang dilakukan itu sudah sangat kuat dan awet tidak bisa dihindari lagi. Contoh penggunaan kiasan ini adalah seperti pernyataan najwa shihab, “menteri-menteri dari partai politik, kerap kali disibukan urusan politik. Korupsi juga masih menggurita, sejumlah menteri akhirnya ditangkap KPK.”


Itulah beberapa penjelasan terkait keempat istilah yang disebutkan pada judul. Jika dilihat sepintas artikel ini membahas istilah-istilah yang memiliki arti sama yaitu arti menyebar. Namun, jika lebih dispesifikan keempatnya memiliki arti yang berbeda dari tingkat keluasannya dan juga penggunaannya. Terutama kata pandemi dan wabah, merupakan kata yang menggambarkan menyebarnya sebuah penyakit. Akan tetapi, menjamur dan menggurita sebuah kiasan yang bisa menggambarkan menyebarnya sebuah tren ataupun lainnya tidak hanya menjelaskan menyebarnya sebuah penyakit. Sekian penjelasan dari penulis, kita harap semuanya menjadi normal dan semua aktivitas dapat kita lakukan kembali dengan normal. Terima kasih sudah berkunjung..

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.