Saturday, July 4, 2020

Arti OVA, OAD, ONA


Anime merupakan sebuah film produksi asal Jepang yang sangat terkenal dan mendunia. Ada banyak anime yang sangat melegenda dalam industri perfilman animasi. Di Indonesiapun banyak sekali yang menggandrungi anime asal Jepang ini, sampai-sampai ada komunitas pecinta anime di Indonesia. Oke, stop sampai di situ pembahasan animenya, karena pada artikel kali ini penulis akan membahas sebuah istilah yang kerap muncul dalam anime. Seperti yang disebutkan di judul ada OVA, OAD, dan ONA ketiganya merupakan sebuah istilah yang ada pada anime. Kira-kira apa yaa arti dari istilah ini, yuk kita bahas langsung.

1. OVA
OVA merupakan sebuah singkatan dalam anime yang memiliki kepanjangan original video animation. OVA adalah episode tambahan atau episode bonus yang tidak ditayangkan langsung di televisi. Episode OVA tidak banyak hanya beberapa episode saja, OVA memiliki jalan cerita yang berbeda dan tidak memengaruhi jalan cerita yang ada pada episode anime yang sudah tayang. Meskipun diluar jalan cerita animenya, OVA  memiliki peran yang cukup penting untuk ditonton. Peran OVA yang penting adalah biasanya OVA menceritakan latar belakang tokoh lain atau pemeran pembantu lain sebelum bertemu tokoh utamanya, atau OVA juga merupakan sebuah episode untuk membahas cerita yang janggal dan juga membuka rahasia yang belum terungkap pada anime aslinya. OVA biasanya rilis saat season anime yang habis, karena setiap season habis pasti akan ada jeda beberapa bulan bahkan beberapa tahun. Jadi OVA di rilis untuk membahas jalan cerita yang lain sembari mengisi kekosongan waktu karena jeda season anime.

2. OAD
OAD atau original animation DVD, hampir sama dengan OVA hanya yang membedakan OAD karena ada kata DVD yang berarti anime versi OAD dipublikasikan dalam bentuk DVD dan dapat dibeli penikmat animenya.

3. ONA
ONA atau original net animation adalah anime yang dipublikasikan di internet, melalui situs resmi anime. Karena melalui internet penikmat anime bisa menikmati jalan cerita anime dengan streaming video anime yang sudah disediakan oleh rumah produksi animenya. Biasanya untuk versi ONA ini untuk merayakan suatu hari spesial anime seperti ulang tahun studio produksi anime atau ulang tahun animenya.

Itulah beberapa penjelasan yang wajib pembaca ketahui jika menyukai atau menjadi penikmat anime. Jika ada kekeliruan mohon bantu penulis untuk memperbaiki artikel ini dengan menuliskan perbaikannya di kolom komentar. Sekian dan sayonaraa!

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.