Saturday, July 4, 2020

Arti Tuna Netra, Tuna Rungu, Tunawicara, Tunasusila, dan Beberapa Istilah Tuna Lainnya


Terima kasih sudah mengklik artikel ini. Penulis selaku pengembang blog kali ini akan membahas beberapa istilah dengan awalan yang sama yaitu kata ‘tuna’ yang menjadi awal dari setiap katanya. Tentu jika kita mengartikan satu katanya saja yaitu tuna maka yang terbesit di pikiran adalah ikan tuna. Namun ternyata kata tuna ini memiliki arti lain terlebih jika bertemu dengan kata lain maka akan memunculkan sebuah arti baru. Tuna memiliki arti tidak atau tanpa. Untuk pembaca yang sangat penasaran yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan.

1. Tunanetra
Tunanetra adalah kondisi seseorang yang memiliki gangguan pada penglihatan. Ada beberapa orang yang tunanetra yang buta total atau tidak bisa melihat sama sekali, dan ada juga yang masih mampu melihat tapi tidak maksimal.

2. Tunarungu
Tunarungu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gangguan seseorang pada indera pendengarannya atau menyebut orang yang tuli (tidak mampu mendengar). Jika kamu yang bersuku jawa pasti mudah untuk meningat istilah ini karena dalam bahasa jawa krungu artinya dengar, dan jika istilah tunarungu dari kata rungunya pasti sudah jelas berarti tidak mampu mendengar.

3.Tunawicara
Tunawicara merupakan istilah untuk menyebut orang yang memiliki gangguan tidak bisa berbicara atau bisu. Agar mudah untuk kita mengingat istilah ini cukup di kata kuncinya saja yaitu wicara yang terdengar seperti kata bicara berarti jika tunawicara itu bisu atau tidak mampu dalam bicara.

4. Tunagrahita
Tunagrahita merupakan sebuah istilah yaitu menggambarkan individu yang memiliki keterbelakangan mental. Maksud dari keterbelakangan mental adalah sebuah kelainan yaitu seseorang yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata orang pada umumnya.

5. Tunadaksa
Tunadaksa merupakan istilah untuk menyebut seorang individu yang memiliki gangguan gerak yang disebabkan kelainan struktur tulang.

6.Tunalaras
Selanjutnya ada tunalaras yaitu istilah untuk menyebut individu yang mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial.

7. Tunakarya
Tunakarya adalah istilah lain untuk menyebut pengangguran, yang dimaksudkan untuk menyebut orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang dalam proses mencari pekerjaan.

8. Tunasusila
Tunasusila diambil dari kata tuna yang artinya tidak ada, jadi tunasusila artinya orang yang tidak mempunyai susila. Biasanya istilah ini merujuk pada pelacur atau wanita pekerja seks komersial.


Itulah beberapa penjelasan terkait istilah yang menggunakan kata tuna. Patut diingat artikel ini hanya ingin memberi informasi dan juga penjelasan, tidak ada maksud menyinggung suatu kelompok tertentu. Mohon maaf apabila ada kesalahan penjelasan. Sekian penjelasan dari penulis mudah-mudahan ada manfaatnya sekian dan terima kasih.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.