Friday, July 12, 2019

Perbedaan CD ROM, CD-R, CD-RW, DVD, dan VCD

Terima kasih sudah mengklik artikel ini kali ini penulis selaku pengembang blog akan membahas tentang beberapa jenis CD atau Compact Disk (biasanya orang indonesia menyebutnya kaset). Tentu kalian sering bertemu dengan CD bukan? Entah itu CD RW ataupun yang lainnya. nah karena adanya perbedaan nama dari setiap CD nya, sudah pasti ada perbedaan dari penggunaan CD tersebut. untuk pembaca yang belum mengetahui perbedaan dari beberapa nama CD berikut penulis sudah menyiapkannya.

1. CD ROM
CD ROM merupakan singkatan dari Compact Disk Read Only Memory, adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada komputer ataupun laptop yang fungsinya untuk membaca data dari CD. Jadi tidak semua yang bernama CD itu berbentuk kaset ya, seperti CD ROM ini yang merupakan alat untuk membaca data-data dari CD.

2. CD-R
CD-R merupakan singkatan dari Compact Disk-Read, maksudnya ialah jenis CD yang hanya bisa membaca data saja, diambil dari kata “Read” yaitu “baca”. Kapasitas penyimpanan CD R yaitu 700 MB. Karena fungsinya hanya membaca data, penggunaan CD-R hanya bisa dilakukan sekali saja, jadi ketika kita menyimpan suatu data, maka data hanya tersimpan saja di CD, dan jika kita hapus maka CD sudah tidak bisa digunakan lagi. Cenderung penggunaan CD-R hanya satu kali saja.

3. CD-RW
CD-RW merupakan singkatan dari Compact Disk-Read & Write, maksudnya CD  jeis ini bisa digunakan untuk membaca data maupun menulis/membuat data. Artinya data-data yang dimuat di CD bisa dihapus dan sewaktu-waktu bisa diisi lagi. Jadi penggunaan CD-RW bisa berkali-kali, sungguh berbeda dengan CD-R yang hanya bisa digunakan hanya sekali saja. Kapasitas penyimpanan CD-RW juga mencapai 700 MB.

4. DVD
DVD merupakan singkatan dari Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc adalah media penyimpanan yang bentuknya sama seperti CD. DVD memiliki kapasitas penympanan 7x dari CD. DVD memiliki kapasitas penyimpanan hingga 4,7 GB. Oleh karena itu sekarang untuk menyimpan file video atau film, kabanyakan orang memilih DVD.

5. VCD
Video Compact Disc yang disingkat VCD merupakan media penyimpanan dalam bentuk CD yang berguna untuk menyimpan file video maupun gambar. Berdasarkan wikipedia VCD memiliki kapasitas penyimpanan hingga 800MB.


Bagaimana sudah menegerti bukan beberapa perbedaan jenis CD? Jangan salah beli jangan salah sebut yaa, karena sungguh berbeda dari penggunaan, kapasitas hingga namanya dan bisa membuat kita rug sendiri karena salah memberi CD yang tidak sesuai dengan tujuan penggunannya. Sekian artikel kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya dan sampai jumpa di artikel lainnya.


Referensi :
www.gudangilmukomputer.com
tridayanti123blogspot.com

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

4 comments:

 
biz.