Friday, July 12, 2019

Beberapa Istilah Yang Sering Terdengar Dalam Fotografi

Berfoto adalah suatu kegiatan yang sangat disukai oleh banyak kalangan masyarakat, dari yang muda sampai yang tua semua, suka berfoto. Dengan berfoto tentu kita dapat mengabadikan suatu moment langka, seperti bersama keluarga, bersama orang terkasih, sedang berekreasi ketempat yang jauh, dan masih banyak lagi alasan berfoto. Hasil foto tentu akan disimpan sebagai kenang-kenangan agar selalu diingat  dan menjadi suatu moment yang tak terlupakan. Biasanya orang berfoto dengan kamera handphone, kamera digital, maupun kamera SLR.
Dalam artikel kali ini penulis menuliskan beberapa istilah dalam dunia fotografi yang sering terdengar dikalangan masyarakat umum. Namun jika ada yang komplain bahwa artikel ini tidak lengkap, tunggu dulu. Artikel ini hanya menjelaskan beberapa istilah yang sering didengar oleh masyarakat umum saja, tidak menjelaskan seluruh istilah dalam dunia fotografi profesional. Berikut beberapa istilah dalam dunia fotografi yang sering didengar di masyarakat.

Auto focus, adalah fungsi pada kamera untuk secara otomatis fokus ke subjek yang hendak di foto.

Angle, adalah sudut pandang dalam pengambilan gambar (lebih mudahnya penempatan foto)

Backlight, adalah kondisi saat berfoto dengan cahaya/matahari di belakang objek (jadi fotonya akan gelap)

Blitz, adalah lampu kilat pada kamera (fungsinya sebagai alat bantu pencahayaan dalam berfoto)

Blur, artinya gambar yang kabur atau tidak jelas.

Bocor, artinya ketika mengambil foto di belakang kita ada yang muncul dan membuat foto jadi kurang menarik (seperti ada orang lain muncul, ada tangan yang menutupi kamera, dan lain yang 
halnya mengganggu foto)

Candid, artinya foto apa adanya atau bisa dikatakan foto yang diambil secara diam-diam tanpa sepengetahuan model. Untuk foto ini terkadang  foto yang diambil dengan tidak disadari model malah lebih menarik serta lebih natural.

Contrast, adalah tingkat perbandingan antara terang dan gelap.

Monopod, adalah sandaran  atau penyanga kamera yang berkaki satu yan fungsinya untuk menahan goyangan pada saat mengambil gambar.

Tripod, sama seperti monopod yaitu penyangga kamera, yang membedakannya ialah tripod berkaki tiga sehngga  dapat berdiri sendiri tanpa ditahan. Hal ini tentu berbeda dengan monopod yang harus dipegang oleh sang fotografer.

Urbex, akronim dari urban explorer adalah seni fotografi dengan foto di kota kota sampai pinggiran kota dengan mengeksplore tempat-tempat terbengkalai seperti gedung tua, bekas pabrik tua. Biasanya menggunakan topeng,jaket hoodie, serta bombsmoke untuk menambah nilai seni fotografi urbex ini

Selfie, kata yang diambil dari gabungan kata “self potrait” yang artinya memotret diri sendiri. Jadi foto selfie ialah hasil memotret diri sendiri.

Stop Motion, merupakan suatu cara atau teknik membuat animasi dengan memuat objek seolah-olah bergerak dengan cara menggabungkan banyak foto yang  di gerakan dikit demi sedikit untuk menciptakan sejumlah gerakan. Jadi dalam pembuatan stop motion ini membutuhkan sangat banyak foto untuk menghasilkan sebuat animasi bergerak.


Itulah beberapa istilah dalam yang ada di dunia fotografi yang sering terdengar di khalayak umum. Patut diingat pada artikel ini hanya menyebutkan istilah dalam dunia fotografi yang sering didengar di khalayak umu saja. Jadi tidak begitu spesifik. Untuk itu penulis mohon maaf jika terdpat istilah yang tidak penulis sebutkan maupun jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lpa tinggalkan kesan di kolom komentar yaaa.



Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.