Monday, May 13, 2019

Samakah Gomenasai Dengan Summimasen?


Hello gaess, koniciwa, ohayo, konbawa. Hehe kali ini penulis selaku pengembang blog akan membahas suatu hal yang berbau Jepang nih. Yapp penulis akan membahas dua kata dari bahasa Jepang yaitu, Gomennasai dan Summimasen. Kedua kata ini kerap penulis dengar ketika penulis menonton anime Jepang. Gomennasai dan summimasen sama sama memiliki arti maaf. Nah apa sih yang membedakan kedua kata ini? Berikut penjelasannya.

Gomenasai
Gomenasai seperti yang kita ketahui artinya adalah “maaf”. Namun kata ini digunakan untuk situasi yang tidak formal, biasanya dalam anime kerap diucapkan untuk orang yang dirasa atau memiliki hubungan dekat dan akrab satu sama lain, seperti teman bermain, pacar dan hal lain yang sifatnya akrab dan situasi tidak formal.

Summimasen
Summimasen merupakan permintaan maaf dalam situasi yang formal sebagai contohnya diucapkan di tempat kerja dan berbicara pada atasan atau senior, kata maaf biasanya diucapkan dengan summimasen. Summimasen juga bisa digunakan untuk ucapan permisi, seperti hendak menanyakan alamat diucapkan kata summimasen sebagai kata permisi/maaf kepada orang yang dirasa asing atau belum dikenal.

Dapat dilihat bukan perbedaan penggunaan kedua kata ini. Harus dicatat kedua kata ini merupakan bahasa Jepang,dan digunakan oleh orang-orang Jepang. Penulis tertarik membahas kedua kata ini karena penulis sering mendengar kata ini di setiap anime yang penulis tonton. Karena timbulnya rasa penasaran dengan gomenasai dan summimasen yang artinya sama minta maaf, maka terdoronglah hati untuk membuat pembahasan ini. Menurut penulis kedua kata ini mengingatkan penulis pada bahasa daerah yang halus dan kasar, yaitu beda bahasa jika bicara pada teman sebaya dan juga dengan yang lebih tua.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 comments:

 
biz.