Thursday, May 9, 2019

Arti Toleransi, Tolerir, Dispensasi, Koneskuensi Dan Konpensasi


Heyy gaes balik lagi di pandai pah blogspot. Kali ini penulis selaku pengembang artikel akan membahas beberapa istilah yang sudah disebutkan di judul. Yapp toleransi, tolerir, dispensasi, konsekuensi dan konpensasi yang akan di bahas pada artikel kali ini. Penulis yang saat itu menempuh praktek mengajar menjadi guru, kerap mendengar ini dari siswa-siswa ketika datang ke meja piket. Siswa setiap izin pulang ataupun keluar lingkungan sekolah selalu meminta surat dispensasi. Nah penulis pun penasaran dengan arti kata ini beserta teman-temannya (tolerir, konsekuensi dll yang disebutkan pada judul). Nah untuk kamu yang penasaran arti dari beberapa istilah ini baca artikel ini sampai titik terakhir ya.

a. Toleransi
Toleransi berasal dari kata dasar toleran yang artinya sikap untuk menghargai pendirian, pendapat kepercayaan dan sebagainya yang berbeda dengan pendirian kita. Tentu kata ini kerap terdengar di Indonesia yang beragam suku, ras dan agama. Tentu sudah paham dengan arti kata ini bukan? Lanjut,

b. Tolerir
Tolerir sama saja dengan toleransi yaitu menghargai pendirian orang lain yang bertentangan dengan pendirian kita.

c. Dispensasi
Dispensasi merupakan suatu pengecualian dari peraturan karena adanya pertimbangan khusus atau suatu kebebasan dari suatu kewajiban karena terdapat alasan tertentu. Sebagai contoh aturan sekolah, yang melarang siswa untuk pulang ketika jam belajar masih berjalan, namun siswa diperbolehkan pulang jika dalam keadaan sakit, keperluan keluarga, ikut perlombaan yang mewakili sekolah dan keadaan darurat lainnya. Jadi dispensasi ini suatu kebebasan yang diberikan untuk melanggar aturan yang disebabkan suatu hal dan disepakati.

d. Konsekuensi
Konsekuensi merupakan suatu akibat yang diterima setelah melakukan suatu perbuatan. Contoh konsekuensi dalam kehidupan sehari-hari misalnya siswa yang datang terlambat dengan sengaja maka akan mendapat konsekuensi dihukum lari lapangan. Jadi apapun yang kita perbuat aka akan dapat konsekuensinya.

e. Konpensasi
Konpensasi merupakan cara yang digunakan untuk  memberikan kepuasan kepada suatu pihak agar membuat keseimbangan kepada suatu pihak yang merasa dikecewakan. Konpensasi bisa dikatakan juga sebagai ganti rugi.

Itulah beberapa penjelasan dari istlah yang mungkin sering kita sebutkan namun tidak mengetahui artinya. Semoga artikel ini membantu dan terima kasih susdah berkunjung.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.