Thursday, May 9, 2019

Apa itu Hiatus?


Hey gaess kembali lagi di blog pandai pah, kali ini penulis selaku pengembang blog akan membahas arti dari istilah hiatus. Hiatus yang penulis maksud adalah hiatus yang ada pada dunia anime, manga atau film. Karena penulis pernah bertemu istilah ini saat menonton serial anime “Bakuman” salah satu anime yang penulisnya sama dengan anime “Death Note”. Oke kita balik lagi ke pembahasan karena kita akan membahas arti hiatus bukan membahas anime. Hiatus bisa diartikan rehat sejenak, penundaan, penangguhan, berhenti sementara atau bisa dikatakan vakum. Dari beberapa arti yang sudah disebutkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa hiatus adalah suatu keadaan berhenti sejenak dari suatu aktivitas dalam kurun waktu yang sudah ataupun belum ditentukan dan pasti akan kembali. Tentu dari pengertian tersebut bisa kita artikan bahwa hiatus sama artinya dengan vakum. Hiatus biasanya terjadi pada manga, anime bisa juga dilakukan oleh artis. Pada manga terjadi hiatus terkadang dikarenakan penulis manga dalam keadaan kondisi sakit yang tidak mungkin meneruskan pekerjaannya ataupun sebab lainnya. Jika pada anime (film kartun jepang yang biasanya diadaptasi dari manga) hiatus terjadi biasanya dikarenakan jarak cerita manga dengan animenya terlalu dekat, maka anime di hiatus sampai jarak dengan anime dan manganya ada jarak, sebab jika anime dan manga jarak jalan ceritanya terlalu dekat akan membuat orang lebih memilih melihat animenya ketimbang membeli manga yang telah dibuat oleh penulis cerita, jika hal itu terjadi maka manganya tidak laris terjual dan penulis cerita tidak bisa terus berkarya. Hiatus juga kerap terjadi pada artis, penulis pernah membaca berita bahwa salah satu artis pengisi suara film anime ada yang hiatus karena harus operasi penyakit yang dideritanya.

Patut di catat, dalam KBBI Online hiatus artinya peralihan di antara dua monoftong yang berdampingan yang membuat dua suku yang berurutan tanpa jeda atau konsonan antara. Nah lalu kenapa hiatus artinya berbeda dengan kamus besar bahasa Indonesia yang merupakan acuan dari dalam berbahasa? Penulis berpendapat, bahwa hiatus merupakan suatu istilah yang berasal dari luar negeri yang artinya adalah berhenti sejenak dalam berkarya. Berhenti sejenak dalam berkarya di Indonesia dikenal dengan istilah vakum. Tentu jika kita bertemu kata hiatus, harus dilihat ruang lingkup pembicaraannya. Jika terkait dengan karya sudah pasti hiatus yang dimaksud adalah hiatus yang artinya vakum atau berhenti sementara. Sekian artikel kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.