Thursday, May 9, 2019

Arti Harfiah, Hakikat, dan Etimilogi


Terima kasih sudah mengklik artikel ini, kali ini penulis akan membahas kata yang kerap dijumpai di tiap mata pelajaran. Tentu kamu pernah membaca beberapa kata yang disebutkan pada judul pada buku paket ketika belajar di sekolah. Yapp, kata seperti harfiah, hakikat, dan juga etimologi selalu terbaca dalam sebuah pengertian di tiap mata pelajaran, penulis pun tertarik untuk membahas ini agar kita tak hanya membacanya saja, melainkan tahu arti dari ketiga kata ini. Pasti pernah membaca “secara harfiah...” ataupun “secara etimologi...” bukan? nah untuk yang belum tahu arti harfiah, hakekat, dan etimologi yuk simak penjelasan yang sudah penulis siapkan.

a. Harfiah
Maksud dari harfiah ialah terjemahan atau arti berdasarkan huruf ataupun kata demi kata; berdasarkan arti leksikal (KBBI). Dari penjelasan KBBI tersebut dapat kita pahami bahwa harfiah ini merupakan arti kata yang sebagaimana aslinya, seperti kata Bajing loncat merupakan hewan yang bernama bajing sedang meloncat, karena di beberapa daerah di Indonesia menyebut Bajing Loncat merupakan suatu tindakan mencuri yang dilakukan dengan lompat ke mobil gerobak yang memuat barang tertentu. Tentu untuk menyebut tindakan mencuri yang disebut dengan bajing loncat bukanlah makna harfiah.

b. Hakikat
 Hakikat berdasarkan KBBI memiliki arti intisari atau dasarnya. Jadi jika ada pernyataan “Pada hakikatnya” artinya ialah “Pada dasarnya”. Dalam mata pelajaran yang pernah penulis temui, ada beberapa buku selalu mengawali penjelasan dengan hakikat. Misalnya dalam mata pelajaran menjelaskan demokrasi selalu diawali dengan hakikat demokrasi, yang berarti dasar demokrasi ataupun dasar lahirnya demokrasi.

c. Etimologi
Kata etimologi penulis sering menjumpainya ketika penulis menyusun skripsi dan membaca beberapa buku referensi. Di beberpa buku menjelaskan beberapa istilah dengan menyebutkan “secara etimologi” yang nyatanya banyak pembaca tidak fokus pada kata ini, pembaca hanya fokus pada penjelasannya. Etimologi diambil dari bahasa Belanda etymologie yang berakar dari bahasa Yunani etymos (arti sebenarnya adalah sebuah kata) dan logos (ilmu). Jadi dapat disimpulkan bahwa etimologi merupakan cabang ilmu yang menyelidiki asal-usul sebuah kata dan menyelidiki perubahan kata dalam bentuk serta makna. Contohnya kata campus merupakan berasal dari kata Camp of University, nah jika kita mengartikan suatu kata seperti ini bisa dikatakan mengartikanya secara etimologi yaitu asal-usul sebuah kata.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat, dan sering-sering berkunjung ke blog ini dengan membaca artikel lainnya. Terima kasih sudah berkunjung sampai ketemu lagi pada artikel-artikel lainnya.


Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.