Friday, May 31, 2019

Intropeksi atau introspeksi? Lalu apa artinya?


Heyy gaes balik lagi ke blog yang penuh dengan rintisan dan juga rintihan ini, kali ini penulis akan membahas tentang kebingungan yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang. Kebingungan yang penulis maksud adalah bingung yang mana kata yang benar, intropeksi atau introspeksi. Sungguh sangat penting bagi kita untuk mengatakan suatu hal yang benar. Jika kita biarkan kesalahan kecil saja dalam berbicara, maka akan diteruskan oleh orang lain. Dan kesalahan dalam penyebutan kata akan merajalela. Untuk  itu penulis yang tergerak hatinya untuk mencoba menumpahkan sedikit kebenaran dengan harapan dapat membenarkan di dunia kata yang penuh dengan kekeliruan ini. Balik lagi ke topik, masih banyak sekali yang bingung penyebutan intropeksi atau introspeksi. Bahkan sampai ada orang menyebutnya dengan introfeksi, melencengnya sudah semakin jauh. Nah untuk itu kamu agar tidak keliru, yuk simak penjelasan yang sudah penulis siapkan.

- Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tidak ada kata intropeksi apalagi introfeksi, yang ada adalah introspeksi. Jadi dapat kita simpulkan yang benar adalah Introspeksi. Introspeksi merupakan  peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan dan sebagainya) diri sendiri.

Jadi sudah tahu kan yang benar adalah “Introspeksi”. Penulis sering menemukan artikel-artikel di situs berita online yang terkenal dan sering orang membacanya, namun dalam menulis kata ini masih keliru. Jadi untuk kita sebagai pembaca haruslah menjadi pembaca yang pintar. Pembaca pintar ialah dia yang tidak hanya menikmati tulisan saja, melainkan mencermati seksama tulisan yang ditulis oleh beberapa penulis artikel. Sekalipun di situs berita onlne terkenal, mereka juga manusia pasti memiliki kesalahan dalam penulisan. Dalam kehidupan sehari-hari juga jangan sungkan untuk membenarkan jika ada orang yang masih menyebutkan “intropeksi”, walaupun kesalahan kecil juga akan menjadi kebiasaan dan beranak-pinak hingga setiap orang kerap menyebutkan kata yang salah.

- Terima Kasih sudah berkunjung.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.