Friday, May 31, 2019

Arti Ngabuburit, Takjil, Sahur on the road, Dan Beberapa Istilah Yang Sering Disebutkan Di Bulan Puasa


Heyy gaess, terima kasih sudah mengklik artikel ini. Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat bagi umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar, haus, dan segala hawa nafsu dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Karena bulan puasa hanya ada setahun sekali, di bulan ini juga terdapat suatu istilah-istilah yang tentunya hanya musim di bulan Ramadhan saja khususnya di Indonesia. Berikut penulis sudah merangkum beberapa istilah yang sering terdengar pada bulan puasa di Indonesia.

1. Ngabuburit
Ngabuburit merupakan suatu kegiatan  menunggu waktu berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Kegiatan ngabuburit ini biasanya  berupa jalan-jalan sore, bermain (dahulu bermain permainan tradisional), mendengarkan ceramah, berbelanja di pasar kuliner dan masih banyak lagi cara yang dilakukan setiap orang. Berdasarkan wikipedia, bahasa ini berasal dari bahasa sunda yaitu ngalantung ngadagoan burit, yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Kata dasarnya burit, berarti sore. Jadi ngabuburit hanya dilakukan di bulan ramadhan saja, jika kamu melakukan dihari-hari biasa itu namanya nyore hehe.

2. Takjil
Berdasarkan KBBI takjil memiliki arti mempercepat (dalam bebrukan puasa)atau menyegerakan. Nah di Indonesia sendiri kata ini diartikan sebagai sebuah makanan untuk berbuka puasa, takjil bukanlah makanan inti melainkan makanan ringan seperti kue atau buah (seperti kurma) yang sifatnya untuk dimakan sesegera mungkin untuk membatalkan puasa. Pernah dengar segeralah berbuka jika sudah waktunya adzan bukan? Nah takjil inilah yang digunakan untuk segera membatalkan puasa. Setelah membatalkan puasa kita sholat magrib, setelah beribadah shalat magrib baru kita makan makanan berat seperti nasi dan menu utama lainnya.

3. Sahur On The Road
Sahur on the road bisa dikatakan kegiatan amal, karena di bulan ramadhan banyak sekali orang yang berlomba-lomba mencari pahala dan sahur on the road ini adalah salah satu caranya. Sahur on the road merupakan suatu kegiatan di bulan puasa dengan membagikan makanan secara gratis di jalan maupun di tempat umum pada waktu sahur untuk orang yang hendak berpuasa. Uniknya karena adanya kegiatan ini banyak orang khususnya anak kost yang berburu sahur on the road, cukup wajar si untuk mereka yang tidak sempat masak krena masih bekerja, tidak bisa masak ataupun sulit mencari warung makan yang buka saat waktu dini hari.

4. Bukber
Bukber merupakan akronim dari buka bersama yang merujuk pada suatu kegiatan berbuka puasa bersama yang dilakukan oleh keluarga, rekan kerja dan kelompok lainnya. Bukber juga diadakan sebagai ajang reuni untuk teman sekolah. Bukber merupakan acara tahunan yang pasti dan tidak pernah absen dilakukan, terutama kamu yang pusing dengan bukber marathon pusing dengan isi dompet hehe. Saran dari penulis, untuk bukber bukanlah yang terpenting tempatnya mahal atau tidak. Yang terpenting semua teman bisa berkumpul. Dan jangan melewatkan sholat magrib yaa ketika bukber.

5. Sahur
Sahur merupakan sebuah istilah dalam Islam yang merujuk kepada aktivitas makan pada waktu dini hari bagi yang hendak menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

6. Fasting
Pernah baca atau dengar istilah ini di sosial media? Fasting merupakan kata dari bahasa Inggris yang artinya puasa. Jadi jika ada kata “Happy Fasting” itu artinya “selamat berpuasa”. Bukan hal yang mengherankan di Indonesia untuk terlihat kekinian di sosial media harus mengunakan bahasa asing.

7. Breakfasting
Breakfasting juga merupakan istilah bahasa inggris yang diartikan oleh kaum netizen Indonesia sebagai kata Berbuka Puasa. Padahal penulis telusuri di kamus breakfasting memiliki arti sarapan pagi, yang merujuk pada makan pada jam mendekati jam makan siang (pukul 9-11 pagi). Kata yang penulis temukan untuk berbuka puasa dalam bahasa inggris ialah “Breaking the Fast”. Penulis tidak bisa mengatakan apa yang digunakan banyak orang salah. Karena penulis pada dasarnya bukanlah orang inggris. Yang penulis tarik simpulan bahwa kata breakfasting diambil dari kata break menghancurkan dan fasting puasa, yang dimaksud ialah membatalkan puasa dan merujuk pada buka puasa (CMIIW).

8. Mokel, Mutus, Medot
Mokel, mutus ataupun medot adalah istilah yang ada didaerah penulis yang artinya membatalkan puasa tapi bukan diwaktu magrib melainkan tengah hari. Hal ini dikarenakan tidak kuat karena bekerja, karena godaan seperti teman yang makan nasi padang disiang hari, karena sakit dan berbagai penyebab lainnya. untuk kamu jangan lakukan hal ini yaa, tapi jika karena sakit tidak masalah, akan tetapi jika melihat ataupun ditawari makanan oleh teman yang tidak berpuasa jangan yaa, hehe.


Sekian artikel ini mudah-mudahan ada manfaatnya. Penulis menyadari ada banyak beberapa istilah yang tidak penulis jelaskan, seperti zakat fitrah, pesantren kilat, witir dan beberapa kata lainnya. hal ini dikarenakan penulis takut salah dalam menafsirkan istilah-istilah itu dan juga kekurangan referensi, istilah-istilah yang terkait dengan agama penulis tidak berani sembarangan menjelaskan karena dunia akhirat taruhannya hehe karena ada yang lebih tahu mengenai istilah ini yaitu ustad dan guru bidang agama Islam. Artikel ini di buat tepat saat bulan puasa tahun 2019 ini. Tetap semangat menjalankan puasanya ya, jangan pada mokel.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.