Friday, May 31, 2019

Jangan Terlalu Dalam Mengorek Telinga Dengan Cotton Bud!


Membersihkan telinga adalah hal yang bisa dikatakan wajib untuk kita lakukan. Hal ini agar telinga kita tidak kotor serta pendengaran kita juga akan menjadi baik. Beberapa orang membersihkan telinga biasanya dengan menggunakan cotton bud, jari tangan, bahkan sampai menggunakan penjepit rambut. Tentu banyak yang merekomendasikan untuk membersihkan telinga dengan cotton bud saja karena aman dan tidak telalu bahaya. Eitzz, tunggu dulu tentunya rekomendasi itu tidak sepenuhnya benar. Artikel ini bisa dikatakan curahan penulis tentang pengalaman menyakitkan saat membersihkan telinga. Penulis tergerak hati untuk menulis ini agar pembaca dapat menghindari kegiatan yang dapat menyakiti diri sendiri. Cukup penulis saja yang pernah merasakannya, pembaca setia blog ini jangan (agak drama dikit wkwk). Saat itu penulis merasakan ada yang menyumbat pada telinga sebelah kanan, penulis merasakan ketidaknyamanan pada telinga lalu penulis ambil cotton bud yang memang sudah disediakan di rumah lalu penulis mencoba mengorek telinga penulis dengan cotton bud yang sudah penulis ambil. Penulis melakukannya dengan perlahan dan berhati-hati. 

Namun setelah ditarik tidak dapat kotorannya dan telinga penulis masih merasakan hal yang tidak nyaman. Karena masih tidak merasa nyaman penulis mencoba mengorek telinga dengan lebih dalam, dan alhasil telinga penulis sedikit budek bahkan terasa sedikit sakit. Setelah sehari ternyata telinga penulis menjadi sakit, sakitnya luar biasa rasanya tidak jauh berbeda seperti sakit gigi. Penulis tersiksa dengan sakit telinga ini yang dikarenakan membersihkan kotoran telinga terlalu dalam. Maksud hati membersihkan telinga malah menyakiti telinga sendiri. Ketika telinga sakit penulis tidak bisa tertawa terbahak-bahak, telinga sakit juga tidak bisa menguap, tidak bisa bersendawa (bersuara ough ketika kenyang), jika itu terjadi atau dilakukan maka kuping akan menjadi sakit bahkan sangat nyeri rasanya seperti ada yang menendang kendang teliga kita. Kebayang bukan sakitnya? Untuk itu hindari membersihkan telinga dengan mengorek terlalu dalam. Penulis pun mencoba membaca artikel terkait dengan membersihkan telinga, penulis pun terkejut bahwa ternyata telinga kita dapat membersihkan sendiri tanpa kita perlu membersihkannya. Telinga secara alami membersihkan kotoran yang masuk ke dalam telinga dengan mengeluarkan cairan yang bisa membunuh bakteri, ketika mengering maka secara alami kotoran tersebut akan keluar secara sendiri dengan kegiatan yang sering kita lakukan seperti mengunyah makanan yang membuat kotoran keluar sendiri. Pernah bukan kotoran telinga kalian keluar sendiri atau terjatuh dari daun telinga? Itu adalah salah satu contoh bahwa telinga dapat membersihkan dengan alami. Memang tidak sepenuhnya bersih, oleh sebab itu kita suka sering membersihkannya sendiri dengan memasukan barang-barang yang bisa dimasukkan ke dalam telinga seperti jari tangan, cotton bud sampai ujung penjepit rambut. Padahal dengan memasukan benda-benda baru ke dalam telinga malah kita sama saja memasukan kuman baru ke dalam telinga kita. 

Artikel ini bukanlah melarang pembacanya untuk mengorek telinga dengan cotton bud, artikel ini dibuat untuk memperingati para pembaca agar tidak mengorek telinga terlalu dalam. Untuk mengorek telinga dengan cotton bud sebaiknya untuk kisaran lubang yang mendekati daun telinga. Kita hanya membersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak bisa dikeluarkan oleh telinga sepenuhnya. Hal ini tentu untuk menghindari area telinga dalam yang sensitif terhadap sentuhan. Jangan sampai kita membersihkan telinga sampai gagang alat yang kita gunakan sampai tak terlihat atau seluruhnya masuk kedalam telinga, tentu kamu tidak mau kan telinga mu menjadi colean (telinga mengeluarkan cairan dan bau). 

Oleh sebab itu mari kita rawat telinga kita dengan berhati-hati,jika hendak membersihkan dengan cotton bud cukup memasukannya sedikit saja membersihkan lubang yang mendekati area luar telinga. Karena sakit kuping itu sungguh menyiksa. Semoga artikel ini dapat membantu dan membuat kita semakin berhati-hati dalam menjaga kebersihan telinga.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.