Monday, April 27, 2020

Arti Drive Thru, Zoss, forboden, dan Beberapa Istilah Yang Ada di Jalan Raya


Hay, terima kasih sudah mengklik artikel ini. Blog pandai pah kali ini akan membahas beberapa istilah yang sering terdengar, disebut, atau sering dibaca oleh tiap orang yang sering menggunakan jalan raya. Yapss, beberapa istilah yang melambangkan dan menggambarkan suatu benda ataupun peraturan yang ada di jalan raya perlu kita ketahui. Karena jika kita tidak mengetahuinya tentu kita akan merasakan begitu pahitnya ketidaktahuan. Nah, oleh sebab itu penulis selaku pengembang blog tertarik untuk membahas beberapa istilah yang sering dijumpai di jalan raya, dengan harapan untuk yang belum tahu akan tahu dan tidak kebingungan lagi jika mendengar beberapa istilah ini. Berikut beberapa istilah yang sering terdengar di jalan raya.

1. Drive thru
Istilah pertama yaitu drive thru, tentu istilah ini sering kita lihat di pinggir jalan yang biasanya dijumpai di tempat menjual makanan. Drive thru atau bisa juga disebut Drive Through adalah sebuah layanan untuk pembeli yang dapat membeli makanan tanpa harus keluar di mobil atau pembeli yang dilayani tetap menunggu di dalam mobil. Tentu layanan ini sangat membantu untuk kita yang tidak suka repot keluar masuk mobil, dan juga layanan ini dapat menghemat waktu kita yang jika terburu-buru untuk menuju tempat yang dituju. FYI, penulis tahu istilah ini dari film Spongebob loh gaess hehe.

2. ZOSS
ZOSS dikenal sebagai zona selamat sekolah, tentunya jika kita melihat zoss pasti tidak jauh dari tempat pendidikan yaitu sekolah. Tentunya jika kita sudah membaca adanya zoss kita harus mengendalikan kecepatan jalan kendaraan kita maupun dalam menyalip, karena ZOSS merupakan pertanda bahwa anak-anak sekolah untuk menyeberang ataupun yang lainnya berkaitan dengan penggunaan jalan. ZOSS biasanya ditandai dengan banyaknya zebra cross.

3. Zebra cross
Zebra cross merupakan sebuah jalan yang digunakan pejalan kaki untuk menyebrang. Dikatakan zebra cross karena aspal yang diberi cat warna putih menimbulkan belang putih dan gelapnya aspal sehingga menyerupai bulu zebra yang hitam putih. Zebra cross biasanya dijumpai di jalan-jalan tempat menyeberang seperti dengan lampu merah ataupun dekat dengan ZOSS.

4. Forboden/verboden
Verboden atau ada juga yang menyebutnya forboden merupakan arti untuk pengendara yang tidak boleh putar arah, biasanya istilah ini diartikan juga sebagai jalan satu arah yang melarang pengendara untuk tidak berjalan melawan arah atau putar arah.

5. Car free day
Car free day merupakan sebuah istilah yang artinya hari bebas kendaraan, dengan arti seperti itu yang dapat ditangkap ialah disebuah jalan raya tidak ada berbagai kendaraan baik itu mobil dan sepeda motor. Tentu car free day ini tidak dilaksanakan setiap hari, biasanya car free day di berlakukan tiap hari libur atau akhir pekan. Car free day sering diberlakukan di kota, jadi jangan heran ketika hari minggu atau libur kerja banyak yang memanfaatkan jalan raya yang sepi dengan berolahraga seperti lari, bersepeda bahkan ada yang bermain sepak bola di jalan. Waah tentu segar berolahraga pagi seperti itu yah.

4. Trotoar
Trotoar merupakan tepi jalan yang lebih tinggi dari jalan utamanya, trotoar digunakan untuk para pejalan kaki. Jadi jalan raya untuk kendaraan dan trotoar jalan untuk pejalan kaki. Tentu untuk pengendara jangan menggunakan trotoar yaa, hehe.

5. Rest area
Rest area merupakan penyebutan yang berasal dari bahasa inggris. Rest yang artinya beristirahat, dan area artinya kawasan, jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa rest area merupakan tempat beristirahat, beristirahat dari kegiatan apa? Tempat beristirahat dari perjalanan jauh. Yap, maklum saja bahwa rest area letaknya di pinggir jalan, yang digunakan untuk tempat singgah atau istirahat saat kita dalam perjalanan jauh. Misalnya sedang dalam perjalanan mudik, touring pengendara bermotor, berwisata dan lain sebagainya yang sifatnya perjalanan jauh.

6. Jalan Tol
Berdasarkan KBBI tol memiliki arti pajak untuk memasuki jalan tertentu. Jadi dapat kita artikan bahwa jalan tol merupakan sebuah jalan bebas hambatan yang harus membayar terlebih dahulu sebelum pengendara masuk jalan tol dan menggunakannya untuk perjalanan yang lebh cepat.

7. Fly over
Fly over merupakan sebuah jalan layang, atau jalan yang dibangun melayang untuk menghindari kerumunan, pembangunan jalan layang atau fly over merupakan sebuah terobosan untuk mengatasi kemacetan. Biasanya fly over dimanfaatkan untuk mengatasi kemacetan di perempatan jalan raya ataupun persilangan kereta api.

8. Under pass
Under pas diambil dari kata under yang artinya bawah, merujuk pada jalan bawah tanah. Biasanya under pass terdapat terowongan karena pada dasarnya jalan ini melalui bawah jalan yang sudah ada. Under pass juga seperti fly over fungsinya untuk mengurangi kemacetan.


Itulah beberapa penjelasan terkait dengan beberapa istilah yang sering terdengar maupun terbaca di jalan raya, mudah-mudahan semakin menambah wawasan terkait istilah-istilah yang sering terdengar tapi asing untuk mengartikannya. Sekian dari penulis mudah-mudahan ada manfaatnya, terima kasih sudah berkunjung.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.