Monday, April 27, 2020

Tips COD Barang Handphone di Jual Beli Facebook Agar Tidak Tertipu


Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu facebook bukan hanya digunakan untuk membuat status, atau memposting foto saja. Sekarang di Indonesia facebook digunakan untuk transaksi jual beli. Karena adanya banyak fitur di facebook yang sangat cocok untuk dimanfaatkan mempromosikan barang dagang dan itulah salah satu alasan banyaknya orang sekarang menggunakan facebook untuk transaksi jual beli. Ada banyak sekali barang yang dijual di facebook, dan yang paling banyak adalah Handphone. Tentunya yang dijual di facebook ada yang barang baru dan bekas. Nah, kebanyakan orang mencari barang bekas atau second khususnya handphone di facebook. Banyak orang yang sangat senang mencari handphone second di facebook, karena harganya yang bisa didapat murah dan juga bisa dinego juga (ditawar). Namun karena handphone yang dijual second, sangat untung-untungan jika kita mendapatkan barang yang tidak ada kendala. Karena banyak sekali kejadian pembeli tertipu barang yang dijual karena dibohongi barang yang tidak ada kendala tapi ketika sampai dirumah ada beberapa kendala yang tidak dijelaskan ketika bertransakasi, mau dikembalikan penjualnya menghilang. Nah, hal ini tentunya sangat merugikan untuk orang yang sudah terlanjur membeli handphone second. Berdasarkan pengalaman pribadi, penulis sudah menyiapkan beberapa tips untuk menghindari penipuan oleh si penjual handphone second yang nakal. Berikut tips yang perlu diperhatikan saat ingin COD handphone di facebook.

1. Jangan Terburu-Buru Dalam Mencari Barang
Pertama ialah jangan terburu-buru dalam mencari handphone. Jika dana sudah ada dan siap untuk membeli  janganlah terburu-buru, karena jika kita terburu-buru malah jadinya akan dapat barang yang harganya sedikit mahal. Santailah dalam mencari handphone, jika dirasa bertemu dengan penjual yang sedang butuh uang biasanya mendapat barang yang  lebih murah dari pasaran. Dan patut diingat hal yang terburu-buru “biasanya” kurang memuaskan.

2. Jangan Terubu-Buru Bernegosiasi
Jika mendapatkan barang yang dicari bernegosiasilah. Untuk bernegosiasi jangan terlalu terburu-buru untuk sepakat. Karena biasanya penjual memasang harga yang sangat tinggi untuk menghindari tawaran terendah. Tawarlah barang sembari membandingkan dengan harga barang lain, karena untuk mengetahui harga pasaran sangat penting. Jangan sampai karena terburu-buru bernegosiasi malah dapat barang yang nyatanya bisa didapat dengan harga yang murah.

3. Jangan Terburu-Buru Saat Memeriksa Barang
Jika sudah bernegosiasi dan menentukan tempat cod atau bertemu, pastilah kita harus memeriksa barang terlebih dahulu. Dibagian inilah menentukan apakah jadi atau tidaknya membeli. Patut diingat, jika sedang melakukan pemeriksaan barang janganlah suka terburu-buru. Seperti mengecek fisik dan dalam Hp. Hal ini sangat sering terjadi karena terburu-buru memeriksa barang lalu deal sehingga banyak aspek yang dilupakan. Penulis punya pengalaman, karena memeriksa handphone terburu-buru dan hasilnya ketika sampai dirumah slot sim 2 ternyata sulit untuk masuk. Ingat jika memeriksa handphone janganlah buru-buru, periksalah dengan detail, dari layar LCD, baterai, kamera, charger, pembaca sim hingga software. Usahakan ketika cod membawa powerbank untuk mengetes apakah handphone bisa di charge atau tidak dan jangan lupa mengetes slot sim apakah bisa terbaca atau tidak. Patut diingat ketika memeriksa barang tentu belum pasti deal atau tidaknya. Jadi janganlah merasa tidak enak hati untuk membatalkan pembelian, karena jika barang memang tidak sesempurna apa yang digambarkan penjual jangan sungkan untuk tidak jadi membelinya. Hal ini untuk menghindari tindak kecurangan penjual dan kerugian pembeli.

4. Jangan Menuruti Penjual Yang Menginginkan COD Di Malam Hari
Ketika cod pun usahakan di waktu siang hari, jangan terburu-buru dan mau menuruti kemauan penjual untuk COD di malam hari. Hal ini dikarenkan untuk menghindari tindak kriminal yang dilakukan di malam hari seperti penjual melakukan pemalakan dan beberapa tindakan kriminal lain. Dan juga jika cod malam hari tentu ketika memeriksa barang akan ada beberapa hal yang tidak terlihat. Penulis punya pengalaman ketika COD malam hari, ketika sudah deal dan sampai dirumah ternyata layar handphone ada retak tipis yang jika di malam hari tidak terlihat, tentu ini penipuan bukan? Sang penjual tidak mau jujur ketika memosting barang. Nah, dari situlah kita tarik kesimpulan, bahwa jika ada penjual yang memaksa dengan alasan butuh uang sekarang dan hanya ingin COD malam hari bisa dikatakan ada beberapa kekurangan di handphone yang jika dilihat di malam hari akan tidak terlihat. Dan juga jika Handphone yang sudah pernah ganti LCD maka dia akan berbeda layarnya, namun jika dilihat di malam hari atau kegelapan maka handphone seakan tidak pernah ganti LCD. Jadi usahakan COD jangan waktu malam hari, karena jika memeriksa barang, kekurangan handphone ada yang tak terlihat atau terlewatkan karena gelap.

5. Usahakan Tempat Cod Tidak Sepi
Setelah membahas waktu COD, selanjutnya tempat. Tempat COD usahakan janganlah ditempat yang sepi. Usahakan tempat yang ramai namun ada temppat untuk bernegosiasi, seperti pom bensin, minimarket Indomaret/Alfamart (hanya sekedar contoh penulis tidak menyarankan). Karena jika COD di tempat yang sepi tentulah yang kita khawatirkan adanya tindak kriminal dari si penjual. Jika bisa usahakan COD dirumah penjual, karena aman, santai (sambil ngopi) dan tentunya bisa mengetes barang bisa dicharge atau tidak. Jika ada penjual yang langsung berani menawarkan barang untuk COD dirumah penjual sendiri, itu menandakan bahwa barang yang dijual aman tidak ada kendala, karena penjualnya berani mengajak kerumahnya yang sekiranya barang terdapat masalah bisa kembali ke rumah si penjual.


Oke gaes itulah beberapa tips untuk membeli barang di grup jual beli facebook. Penulis membuat artikel ini hanya ingin orang lain tidak merasakan kerugian yang pernah penulis rasakan. Jadi, berhati-hatilah dalam memberi barang second di grup jual beli facebook, karena ada beberapa yang jujur dan banyak juga yang nakal. Salah satu contoh kenakalan penjual handphone yang pernah penulis jumpai ialah penjual yang menjual barang dengan deskripsi handphone aman tidak ada kendala, namun ketika COD dan diperiksa malah ada beberapa kendala yang justru fatal. Nah, jadi berhati-hatilah dan detail dalam membeli barang second, semoga beruntung dan selamat berbelanja.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.