Saturday, April 20, 2024

Perbedaan Lamaran dan Tunangan

Di era gempuran pertanyaan kapan menikah? Mana calonnya? (curahan penulis nih) tentu kita sempat berpikir, sebelum menikah ada suatu acara yang namanya lamaran dan juga tunangan. Sempat berpikir, apakah iya lamaran dan tunangan merupakan suatu kegiatan yang sama hanya beda penyebutan saja?

Lamaran dan tunangan adalah dua tahap dalam hubungan pra-pernikahan yang sering kali dianggap sama, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah perbedaan antara keduanya.

LAMARAN:

Lamaran adalah tahap seseorang secara resmi menyatakan niatnya untuk menikahi pasangannya. Biasanya, lamaran terjadi ketika seseorang mengajukan pertanyaan kepada pasangannya apakah mereka mau menikah dengannya. Lamaran sering kali melibatkan pemberian cincin pertunangan sebagai simbol komitmen untuk menikah. Lamaran bisa menjadi kesepakatan pribadi antara kedua individu atau bisa juga menjadi acara yang dihadiri oleh keluarga inti dan teman-teman dekat.

TUNANGAN:

Tunangan adalah tahap kedua belah pihak (calon pasangan suami istri) secara resmi mengumumkan niat mereka untuk menikah satu sama lain kepada keluarga, teman-teman, dan masyarakat luas. Biasanya, tunangan terjadi setelah lamaran, ketika kedua belah pihak telah menyetujui niat mereka untuk menikah. Tunangan sering kali melibatkan pertemuan formal antara kedua keluarga untuk merencanakan pernikahan, termasuk tanggal pernikahan, lokasi, dan detail lainnya.

Pada saat tunangan, seringkali pasangan akan mengumumkan kabar bahagia mereka kepada keluarga, teman-teman, dan masyarakat melalui undangan atau media sosial, dan sering kali menyelenggarakan acara kecil untuk merayakan peristiwa ini. Mungkin pernah melihat acara lamaran tapi sudah pakai dekor, tenda segala macam namun belum sah? Nah itulah namanya tunangan, masih acara kecil-kecilan.

Jadi, meskipun lamaran dan tunangan sering kali dianggap sebagai langkah yang sama dalam proses pernikahan, lamaran lebih merupakan momen niat untuk menikah secara resmi diungkapkan, sementara tunangan merupakan pengumuman resmi kepada masyarakat tentang niat untuk menikah dan persiapan lebih lanjut untuk pernikahan tersebut.


Dan pesan dari penulis, semangat yaa untuk kita pejuang halal. 

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.