Friday, May 31, 2019

Arti Makar, Kudeta, Siasat dan Genosida


Terima kasih sudah mengklik artikel ini. Pernah dengar kata makar? Pasti pernah, karena di Indonesia baru-baru ini kerap muncul pemberitaan dugaan makar, lalu sebagai penikmat berita apakah kita tahu apa itu makar? Dan terkait dengan makar ternyata masih ada beberapa istilah lain yang terkait dengan kerusuhan di suatu pemerintahan, seperti kudeta, siasat dan juga genosida. Berikut penulis sudah menyiapkan beberapa penjelasan dari istilah- istilah tersebut.

1. Makar
Berdasarkan KBBI makar memiliki arti (1) akal busuk; tipu muslihat, (2) perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang dan sebagainya, (3) perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintahan yang sah. Berdasarkan beberapa arti dari KBBI, dapat disimpulkan bahwa makar merupakan suatu usaha dengan tipu muslihat dalam upaya menggulingkan pemerintahan yang sah. Jika dicermati makar seperti kudeta yaa, lalu apa yang membedakan dengan kudeta? Simak penjelasan kudeta di bawah.

2. Kudeta
Kudeta merupakan perbuatan merebut kekuasaan atau pemerintahan dengan paksa. Tentu dari penjelasan ini dapat dilihat perbedaannya dengan makar. Kudeta dilakukan dengan paksa biasanya dengan jalur kekerasan, unjuk rasa besar-besaran dan melawan aparat pemerintahan. Sedangkan makar adalah usaha untuk menjatuhkan pemerintahan dengan rencana yang terstruktur, bisa dikatakan kudeta cara kasar sedangkan makar cara halus. Juga cermati kata kudeta adalah merebut pemerintahan sedangkan makar adalah menjatuhkan pemerintahan.

3. Siasat
Siasat memiliki beberapa arti, siasat artinya pemeriksaan dengan teliti atau penyelidikan. Namun jika di dunia politik siasat diartikan sebagai taktik, cara atau tindakan untuk memenangkan perang maupun mencapai suatu tujuan.

4. Genosida
Genosida istilah yang sering penulis dengar dalam film, seperti tindakan Thanos yang sering merebut kekuasaan dengan genosida, lalu apa itu genosida? Genosida merupakan pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap suatu bangsa ataupun suatu ras.


Kebanyakan orang tentu tidak menginginkan kejadian-kejadian seperti makar, kudeta ataupun genosida ya. Sekian artikel kali ini, koreksi penulis jika terhadap kekeliruan supaya dapat segera penulis ralat. Semoga membantu dan doakan selalu semoga negeri kita aman tenteram dan sejahtera tidak ada kerusuhan ya gaess.

Repkuy

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.